detikcom
Minggu, 15/09/2013 04:08 WIB

Gunung Sinabung di Sumut Meletus

Khairul Ikhwan - detikNews
Medan - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) meletus. Akibatnya, hujan debu melanda kawasan di sekitar gunung.

"Letusan terjadi pagi tadi, sekitar pukul 02.51 WIB," kata Armen Putra, petugas Pos Pemantau Gunung Api Sinabung kepada wartawan, Minggu (15/9/2013) dinihari.

Letusan itu, kata Armen, memuntahkan abu vulkanik yang melanda desa-desa yang berada di sekitar kawasan.

"Untuk sementara itu dulu yang bisa disampaikan," kata Armen.

Akibat letusan ini, sejumlah warga yang bermukim di sekitar gunung mulai mengungsi. Mereka meninggalkan desa-desa menuju Berastagi maupun Kabanjahe, Ibukota Kabupaten Karo.

Gunung Sinabung terakhir meletus pada Agustus 2010. Tidak ada korban dalam kejadian tersebut, namun belasan ribu orang mengungsi.


Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(rul/jor)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
ProKontra Index »

Harga BBM Harus Naik

Terbatasanya kuota BBM bersubsidi berimbas pada langkanya BBM di sejumlah SPBU plus antrean panjang kendaraan. Presiden terpilih Jokowi mengusulkan pada Presiden SBY agar harga BBM dinaikkan. Jokowi mengatakan subsidi BBM itu harus dialihkan pada usaha produktif, ditampung di desa, UMKM, nelayan. Menurutnya anggaran subsidi jangan sampai untuk hal-hal konsumtif seperti mobil-mobil pribadi. Bila Anda setuju dengan Jokowi bahwa harga BBM harus naik, pilih Pro!
Pro
53%
Kontra
47%