Detik.com News
Detik.com

Rabu, 03/04/2013 14:46 WIB

Obama Berterima Kasih Atas Bantuan Militer Singapura

Novi Christiastuti Adiputri - detikNews
Obama Berterima Kasih Atas Bantuan Militer Singapura Lee Hsien Loong & Barack Obama (Straits Times)
Washington - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyampaikan terima kasih kepada militer Singapura. Pernyataan ini terkait dengan penempatan kapal perang AS di wilayah perairan Singapura sebagai bagian dari kebijakan AS di wilayah Asia.

Pernyataan Obama ini disampaikan ketika dirinya menggelar pertemuan dengan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong di Ruang Oval Gedung Putih, Washington, AS, pada Selasa (2/4) waktu setempat. Obama juga memuji Singapura sebagai contoh yang baik untuk dunia dan merupakan sekutu penting dan penasihat bagi AS di Asia.

Pertemuan Obama dengan PM Lee ini berlangsung beberapa saat sebelum kapal perang AS, USS Freedom tiba untuk memulai misi sementaranya di perairan Singapura. USS Freedom merupakan satu dari empat kapal perang AS yang akan berpatroli di wilayah perairan Singapura.

"Kita memiliki kerjasama militer yang sangat dekat," ujar Presiden Obama seperti dilansir AFP, Rabu (3/4/2013). Obama pun memuji Singapura sebagai salah satu negara tersukses di dunia.

"Saya ingin berterima kasih kepada Singapura atas segala fasilitas yang mereka sediakan, yang membantu kami mempertahankan keberadaan kami di wilayah Pasifik," imbuhnya.

Menanggapi Obama, PM Lee mengaku sangat senang dengan kebijakan pemerintah AS di bawah Presiden Obama yang terus berusaha mempererat hubungan dengan negara-negara di kawasan Asia-Pasifik. "Kami berharap dalam beberapa minggu lagi, bisa menyambut kedatangan kapal perang litoral pertama, yang akan tiba di Singapura dan kami akan menjadi tuan rumahnya selama beberapa bulan," ucap PM Lee.

Empat kapal perang AS, yang didesain khusus untuk berlayar di perairan dangkal dekat pantai tersebut, akan melakukan patroli dan difokuskan pada tugas pemberantasan teroris dan bajak laut di wilayah SIngapura.

Menurut Obama, Singapura selama ini telah menjadi pemberi nasihat utama dan membantu interpretasi situasi di kawasan Asia, terutama China, bagi pemerintah AS. Obama pun memuji PM Lee sebagai orang yang sangat membantu dirinya.

"Secara pribadi, hanya ada sedikit pemimpin dunia yang saya apresiasi nasihatnya, sarannya dan analisisnya melebihi PM Lee," ucap Obama.


Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(nvc/ita)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Jumat, 17/04/2015 20:40 WIB
    Wawancara
    Luhut Panjaitan: Persiapan KAA Super Singkat
    Luhut Panjaitan: Persiapan KAA Super Singkat Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan ditunjuk sebagai penanggung jawab peringatan 60 tahun KAA. Hanya tersedia waktu kurang lebih 6 minggu bagi panitia untuk mengadakan persiapan.
ProKontra Index »

Cegah Prostitusi, Pengelola Apartemen di Jakarta Harus Laporkan Penghuninya

Polisi membongkar praktik prostitusi di apartemen yang berawal dari pemesanan melalui forum di internet. Untuk mengantisipasi hal itu, Wagub DKI Djarot Saiful Hidayat meminta para pengelola apartemen harus memberikan data-data penghuninya. Bila Anda setuju dengan Wagub Djarot, pilih Pro!
Pro
75%
Kontra
25%