Senin, 11/03/2013 03:20 WIB

Tarik Wisatawan, Pemprov DKI Pamerkan Kebudayaan Betawi di Jerman

Ray Jordan - detikNews
ilustrasi/detikcom
Jakarta - Sebagai upaya mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan asing ke Jakarta, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta terus menggencarkan promosi wisata dan budaya Jakarta di sejumlah kota besar di dunia. Salah satunya adalah dengan memamerkan kebudayaan Jakarta dalam pameran wisata di Berlin, Jerman, pada 6 hingga 10 Maret 2013 lalu.

"Kami hadir di pameran wisata di Berlin dalam rangka mempromosikan Jakarta sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Arie Budhiman dalam keterangannya kepada detikcom, Minggu (10/3/2013).

Arie mengatakan, Disparbud DKI menampilkan Tari Topeng Subadra dalam pameran tertua dan terbesar di dunia itu. Para pengunjung pun menyambut meriah pertunjukan tersebut. Bahkan, lanjut Arie, beberapa pengunjung pun ikut menari bersama panari dari Jakarta.

"Antusiasnya para pengunjung di Alexa Mall, sampai ikut menari topeng," kata Arie.

Arie melanjutkan, tak hanya DKI, pameran ini juga diikuti dari berbagai daerah di Indonesia. Seperti Bangka Belitung, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Bali, Sulawesi Utara, Papua, dan Yogyakarta.

"Kegiatan Enjoy Jakarta kali ini lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sebab Indonesia menjadi host country pada pameran di ITB Berlin ini. Bahkan, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono turut hadir pada acara pembukaan ITB Berlin 5 Maret lalu," ungkapnya.

Arie pun berharap, partisipasi Jakarta pada ITB Berlin ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan Eropa ke Jakarta. Apalagi Jerman merupakan salah satu negara di Eropa yang wisatawannya yang paling banyak berkunjung ke Jakarta.

"Tahun 2012 lalu, lebih dari 2 juta wisatawan asing berkunjung ke Jakarta. Sebanyak 41.735 wisatawan diantaranya berasal dari Jerman," katanya.


Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi" pukul 04.00 - 05.30 WIB hanya di Trans TV

(jor/mpr)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Minggu, 19/10/2014 19:41 WIB
    Iriana Bicara tentang Gaya, Media Sosial, Burung hingga Diri Sendiri
    Gb Iriana, tidak lama lagi akan menjadi Ibu Negara. Banyak yang penasaran akan sosoknya. Iriana, yang cenderung tak banyak berbicara, kali ini bersedia menjawab pertanyaan. Mulai soal gaya, hobi merawat burung hingga tentang dirinya sendiri. Seperti apa?
ProKontra Index »

Tak Perlu Arak-arakan Pesta Rakyat Saat Pelantikan Jokowi

Relawan Jokowi-JK akan menggelar pesta rakyat saat pelantikan presiden dan wapres pada 20 Oktober 2014 nanti dimulai dari Semanggi dan berakhir di Monas. Kapolri Jenderal Sutarman menyarankan tidak perlu ada acara arak-arakan seperti itu. "Saya sarankan tidak perlu arak-arakan, saya kira tidak perlu. Mungkin kalau bersyukur, bersyukur berdoa saja, enggak perlu arak-arakan," kata Kapolri. Bila Anda setuju dengan Kapolri, pilih Pro!
Pro
36%
Kontra
64%