detikcom
Jumat, 01/02/2013 13:00 WIB

Dibuka! Pendaftaran SNMPTN 2013, Seleksi Pakai Nilai Rapor

Mulya Nurbilkis - detikNews
Jakarta - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dibuka per hari Jumat (1/2/2013) ini. Tak seperti tahun lalu, calon mahasiswa hanya mendaftar melalui internet. Seleksi ini hanya memakai nilai rapor saat di SMA/SMAK/MA tanpa ujian tulis.

"Proses pendaftarannya sudah bisa dimulai hari ini tanggal 1 Februari 2013 sampai 8 Maret 2013. Tata caranya bisa dibuka di website www.snmptn.ac.id," kata Ketua Umum Panitia SNMPTN Prof Dr Akhmaloka, di Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (1/2/2013).

Karena SNMPTN ini tak ada ujian tulis, murni seleksi nilai rapor dari kelas 1-3, maka Kemendikbud mensyaratkan sekolah untuk mendaftar ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) lebih dulu pada 17 Desember 2012 – 8 Februari 2013 dan selanjutnya diisikan secara berkala setiap akhir semester.

Setiap siswa memperoleh password pendaftaran dari kepala sekolah, dari sekolah yang telah terdaftar di PPDS. Untuk selanjutnya, siswa boleh mendaftarkan SNMPTN untuk ikut dari 2 PTN yang berbeda dengan program studi atau fakultas yang berbeda pula. Tetapi salah satu PTN harus berasal dari provinsi domisili.

"Hal ini agar mencegah membeludaknya pendaftar pada beberapa PTN saja, jadi bisa merata ke semuanya," ujar Akhmaloka.

Akhmaloka kemudian memaparkan mekanisme pendaftaran SNMPTN 2013, seperti yang tertera di situs SNMPTN:

1. Sekolah melalui kepala sekolah mendaftar ke PDSS dari tanggal 17 Desember 2012 - 8 Februari 2013.
2. Sekolah lalu memasukkan data-data siswa ke PDSS dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang akan langsung merekam jejak rapor. Tiap siswa akan memperoleh password yang berbeda dan kemudian password ini dibagikan dari sekolah ke siswa.
3. Melalui password yang dimiliki, siswa memverifikasi data dan kemudian mendaftar SNMPTN dari 1 Februari 2013 hingga 8 Maret 2013, plus mengunggah foto. Siswa nanti akan mendapatkan kartu tanda pendaftaran.
4. Kepala sekolah memberikan rekomendasi pada setiap siswa yang mendaftar. Bagi yang mendaftar di cabang olahraga dan seni, harus pula mengunggah portofolio karya dan prestasinya.
5. Proses seleksi berdasar data-data akademis selama di SMA itu akan dilakukan 9 Maret - 27 Mei 2013. Pengumuman hasil selesksi pada 28 Mei 2013. Pendaftaran ulang yang lulus seleksi pada 11-12 Juni 2013.

SNMPTN ini hanya untuk siswa yang telah lulus Ujian Nasional (UN) 2013. Informasi lengkap bisa dilihat di www.snmptn.ac.id.



Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(nwk/nrl)


Setelah eksekusi 6 terpidana mati narkoba, dua negara menarik duta besarnya. Bagaimana perkembangan terkini? Simak di sini.


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Selasa, 27/01/2015 16:57 WIB
    Menteri Yohana Yembise: Kekerasan Anak Akibat Nikah Muda
    Gb Bagi Yohana Susana Yembise, jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah kepercayaan sekaligus menjadi simbol perjuangan atas dominasi adat di Papua, yang umumnya didominasi laki-laki. Yohana juga mengkhawatirkan tingkat kekerasan anak yang makin memprihatinkan.
ProKontra Index »

Jika Presiden Jokowi Berhentikan BW, BG Juga Harus Dinonaktifkan

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) mengajukan berhenti sementara karena menjadi tersangka di Polri. Menurut peneliti ICW, Donal Fariz, bila Presiden nanti menerima pengunduran diri BW, maka Presiden juga harus menonaktifkan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri. Apalagi kasus yang menjerat Komjen BG lebih krusial, yakni korupsi dibanding kasus yang menjerat BW, pidana biasa. Bila Anda setuju dengan Donal Fariz, pilih Pro!
Pro
68%
Kontra
32%
MustRead close