detikcom
Rabu, 02/05/2012 15:33 WIB

Empat Kapal Perang Landing Ship Tank Milik TNI AL Dipensiunkan

Nala Edwin - detikNews
KRI Teluk Langsa-501 dan KRI Teluk Tomini-508
Jakarta - Empat kapal perang berjenis landing ship tank milik TNI AL dipensiunkan. Keempat kapal perang ini telah memperkuat jajaran persenjataan TNI AL selama lebih dari 50 tahun.

Keempat kapal perang yang dipensiunkan ini adalah KRI Teluk Langsa-501, KRI Teluk Kau-504, KRI Teluk Tomini-508 dan KRI Teluk Saleh-510. Kapal ini buatan Amerika pada tahuan 40-an.

"Saat ini kapal-kapal itu ada pada tahap konservasi, sehingga tidak dilibatkan lagi dalam kegiatan operasional, baik dalam rangka operasi militer untuk perang, operasi militer selain perang maupun kegiatan operasi lainnya," kata Kepala Dispen Kolinlamil Letkol Laut Maman Sulaeman dalam rilisnya, Rabu (2/4/2012).

Berakhirnya masa penugasan keempat KRI ini akan ditandai dengan upacara pada Kamis (3/5). Upacara ini dipimpin oleh Panglima Kolinlamil Laksda TNI S.M. Darojatim di dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

KRI Teluk Langsa-501, KRI Teluk Kau-504, dan KRI Teluk Tomini-508 sehari-harinya berada di bawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta, sementara KRI Teluk Saleh-510 berada di bawah pembinaan Satlinlamil Surabaya.

Selama masa pengabdiannya, kapal-kapal perang tersebut telah banyak kiprah untu negara. Kapal-kapal ini dikerahkan untuk pergeseran pasukan, material dan logistik ke seluruh wilayah Indonesia, maupun dalam rangka bantuan angkutan laut dalam mendukung pembangunan nasional.



Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(nal/nal)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
ProKontra Index »

Biarkan Ahok Pilih Pendampingnya Pimpin DKI

Siapa bakal pendamping Plt Gubernur DKI Ahok? Masih menjadi pro kontra antara parpol di DPRD DKI dan Kemendagri. Kemendagri memastikan Plt Gubernur DKI Basuki T Purnama atau Ahok menjadi Gubernur menggantikan Joko Widodo. Setelah diberhentikan sebagai Wagub dan Plt Gubernur dan diangkat menjadi Gubernur, Ahok bisa memilih dua orang untuk menjadi wakilnya. Bila Anda setuju dengan Kemendagri, pilih Pro!
Pro
76%
Kontra
24%