detikcom

Selasa, 29/12/2009 07:38 WIB

Pemahaman Makna "Sistemik" dalam Kasus Bank Century

Ahmad Ghufron - detikNews
Halaman 1 dari 4
Jakarta - Kata "sistemik" seakan menjadi begitu terkenal seiring dengan gonjang-ganjing kasus Century. Dia memiliki pasangan yang juga dibawa-bawa dalam kasus itu yaitu kata "krisis".

Saya menduga mungkin sebagian masyarakat akan bertanya-tanya apa sih hebatnya kata "sistemik" sehingga bisa memiliki harga sebegitu mahal. Tidak tanggung-tanggung. Rp 6,7 triliun yang bila disusun ke atas dengan uang pecahan kertas Rp 100.000 tingginya bisa mencapai 6.700 meter. Bila disusun menjadi tugu dengan panjang dan lebar masing-masing 1 meter bisa mencapai tinggi sekitar 64 m yang berati setengah tinggi Tugu Monas.

Saya termasuk yang tergelitik untuk mencari pemahaman yang benar tentang kata "sistemik" dalam kasus Century karena pemahaman makna kata tersebut yang benar bagi saya merupakan salah satu kunci untuk mengurai kasus Century. Sehingga, akan terlihat batasan yang jelas antara alasan pengambilan kebijakan bail out dan pemanfaatan (moral hazzard) terhadap kebijakan tersebut.

Saya mencoba menelusuri arti kata "sistemik" dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online. Di sana tidak saya temukan kata itu. Yang ada adalah kata "sistemis" yang berarti bertalian atau berhubungan dengan suatu sistem atau susunan yang teratur. Atau terdiri atas beberapa subsistem. Marilah kita gunakan kata ini (sistemis) sama dengan sistemik karena bisa jadi perbedaan tersebut hanya berkaitan dengan urusan penulisan kata serapan yang benar.

Dalam Bahasa Inggris kata sistemik ditulis systemic dan diartikan sebagai relating to, or common to a system. Dalam hemat saya pengertian pada dua bahasa tersebut sejalan. Marilah kita coba telusuri lebih jauh lagi. Kata sistemik berkaitan erat dengan satu kata kunci yaitu sistem.

Dalam KBBI sistem diartikan sebagai perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas. Pun demikian kata system dalam Bahasa Inggris juga memiliki arti yang serupa yaitu a regularly interacting or interdependent group of items forming a unified whole.

Sekarang cobalah kita terapkan pengertian-pengertian tersebut dalam kerangka memahami kasus Century. Sebagaimana kita mahfum Century adalah salah satu bank di Indonesia. Jadi berbicara mengenai kasus Century berarti kita berbicara tentang sistem perbankan di Indonesia dan Century merupakan satu dari sekian banyak unsur atau subsistem perbankan. Next

Halaman 1 2 3 4

Ikuti berbagai berita menarik yang terjadi hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 15.15 WIB

(msh/msh)


Punya info seputar #LaluLintas? Jangan lupa kirim ke pasangmata.com .


Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Opini Terbaru Indeks Opini ยป
  • Kamis, 17/04/2014 12:31 WIB
    Dirut PT KCJ: Jangan Dulu Berharap Kereta Tepat Waktu
    Gb "PT KAI menggunakan track untuk kereta penumpang dan barang. Komuter di track yang sama. Dan jangan berharap ada ketepatan waktu jika rel digunakan bersama," kata Dirut PT KCJ Tri Handoyo.
ProKontra Index »

Bagi-bagi Kursi dan Menteri Itu Tidak Baik

Calon presiden PDIP Jokowi bertekad menguatkan sistem presidensial jika nanti terpilih. Jokowi menegaskan koalisi yang dibangunnya bukanlah koalisi bagi-bagi kursi dan jatah menteri. Dia mengatakan, yang akan diajak koalisi adalah partai-partai yang siap bekerja sama membangun bangsa dan negara tanpa meminta jatah kekuasaan. Bila Anda setuju dengan gagasan Jokowi, pilih Pro!
Pro
78%
Kontra
22%