RI Serahkan Bantuan Kemanusiaan Untuk Korban Topan Bopha Filipina

- detikNews
Selasa, 11 Des 2012 14:11 WIB
Foto: AFP
Manila, - Pemerintah Indonesia memberikan bantuan kemanusiaan untuk para korban Topan Bopha (Pablo) di Mindanao, Filipina selatan. Bantuan kemanusiaan tersebut diserahkan oleh Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, didampingi Dubes RI di Manila dan Konjen RI di Davao.

"Bantuan kemanusiaan tersebut merupakan wujud rasa solidaritas dan persahabatan kedua negara yang bertetangga dan sebagai sesama negara anggota ASEAN", demikian disampaikan Direktur Informasi dan Media Kemlu P.L.E Priatna dalam siaran pers yang diterima detikcom, Selasa (11/12/2012).

Bantuan yang diberikan berupa makanan siap saji, susu bubuk, selimut, keperluan mandi, pembalut wanita dan obat-obatan sebanyak kurang lebih 4 (empat) ton yang dibawa oleh pesawat TNI Angkatan Udara.

Selain itu, diserahkan pula secara simbolik, bantuan uang sejumlah US$ 1.000.000 yang diterima langsung oleh Direktur Pertahanan Sipil Wilayah XI, Liza Mazo mewakili Pemerintah Filipina.

"Sebelumnya, beberapa hari lalu (8/12), KJRI Davao City juga telah menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada korban badai Pablo (Bhopa) di desa Andap, Kabupaten New Bataan, Kota Compostela Valley", jelas Priatna.

Bantuan berupa kebutuhan pokok senilai US$ 3.000 merupakan hasil sumbangan sukarela staf KJRI dan WNI di Davao City.

Kerjasama Militer RI-Filipina

Kunjungan Panglima TNI ke Filipina juga dalam rangka meningkatkan hubungan kerja sama militer kedua belah pihak sebagaimana tertuang dalam Framework Agreement on the Philippines -- Indonesia Military Cooperation (the Philindo MC).

Kesepakatan tersebut ditandatangani oleh Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dan Panglima Angkatan Bersenjata Filipina Jenderal Jessie D Dellosa dalam kesempatan kunjungan Panglima TNI ke Davao City (9-10), disaksikan oleh Dubes RI di Manila dan Konjen RI di Davao City.

Dalam kunjungan tersebut, Panglima TNI juga dianugerahi the Award of the Philippine Legion of Honor oleh Pemerintah Filipina. Ini merupakan salah satu penghargaan tertinggi yang diberikan oleh pemerintah Filipina kepada Panglima Angkatan Bersenjata negara sahabat.

Dalam kunjungan kerja ini, Panglima TNI telah juga mengunjungi Kontingen Indonesia yang tergabung dalam International Monitoring Team (IMT) yang dipimpin oleh Kolonel Inf Khaeruli.


(ita/ita)