Pertama dalam Sejarah, Polwan Prancis Terpilih Jadi Presiden Interpol

- detikNews
Jumat, 09 Nov 2012 15:25 WIB
Mireille Balestrazzi (AFP)
Roma - Lembaga kepolisian internasional atau yang biasa disebut Interpol memilih seorang komisioner polisi asal Prancis sebagai presiden baru Interpol. Sang komisioner ini tercatat sebagai direktur wanita pertama yang pernah terpilih memimpin Interpol.

"Mireille Balestrazzi dari Prancis menjadi wanita pertama yang terpilih jadi Presiden Interpol," demikian pernyataan Interpol melalui akun Twitternya seperti dilansir Channel News Asia, Jumat (9/11/2012).

Pemilihan dilakukan dalam sidang umum Interpol yang digelar di Roma, Italia pada Kamis (8/11) waktu setempat. Selama ini Balestrazzi dikenal akan aksi gencarnya memerangi kejahatan di Bordeaux dan Corsica, Prancis.

Wanita berusia 58 tahun ini menjadi seorang komisioner polisi di Prancis sejak tahun 1975. Sebelum terpilih menjadi Presiden Interpol, Balestrazzi menjabat sebagai Wakil Presiden Komite Eksekutif Interpol untuk wilayah Eropa.

Selama mengabdi pada kepolisian, karier Balestrazzi paling menonjol ketika menjadi Direktur Yudisial di Corsica pada tahun 1990-an silam. Saat itu tengah terjadi peperangan sengit di wilayah tersebut.

Menteri Dalam Negeri Prancis Manuel Valls yang sempat hadir dalam sidang umum Interpol awal pekan ini, memberi pujian bagi Balestrazzi. Menurut Vallas, Balestrazzi merupakan 'polisi wanita (polwan) yang hebat'.

"Dia merupakan salah satu wanita yang membuat bangga Kepolisian Prancis," ujar Valls.

Valls menilai, pengalaman yang dimiliki Balestrazzi dalam menangani kejahatan terorganisasi akan membantu dirinya memerangi perdagangan narkoba, para mafia di wilayah selatan dan timur Eropa. Juga akan membantunya memerangi kejahatan politik yang semakin meningkat dan memerlukan respons dunia internasional.

(nvc/ita)