Salut! Sopir Pingsan, Bocah 13 Tahun Ambil Alih Kemudi Bus Sekolah

- detikNews
Selasa, 10 Apr 2012 14:36 WIB
Washington, - Seorang bocah berusia 13 tahun menjadi penyelamat teman-teman sekolahnya yang menumpang bus sekolah. Ketika sopir bus sekolah tiba-tiba pingsan, bocah ini dengan berani mengambil alih kemudi dan berhasil menghentikan bus dengan aman.

Jeremy Wuitschick tengah dalam perjalanan menuju ke sekolah bersama 15 anak lainnya di Milton, Washington, Amerika Serikat (AS), pada Senin (9/4) waktu setempat. Di tengah perjalanan, Wuitschick menyadari ada yang tidak beres dengan sopir bus.

"Sang sopir terlihat lucu. Matanya melotot dan posisinya duduknya menyandar ke belakang dan tangannya dikibas-kibaskan tanpa tujuan," tutur Wuitschick kepada KOMO News dan dilansir oleh Daily Mail, Selasa (10/4/2012).

Ketika laju bus mulai tak terkendali dan mengarah ke tepian jalan, remaja pemberani ini dengan cepat mengambil alih kemudi bus.

"Aku berdiri, meraih kemudi dan membelokkan laju bus ke kanan dan kemudian menarik kuncinya keluar. Dan berhasil, busnya berhenti. Benar-benar mengerikan," katanya.

Setelah bus berhasil dihentikan, Wuitschick lantas meminta siswa lainnya untuk menelepon 911. Namun ada seorang siswa bernama Johnny Wood yang mengaku dirinya bisa melakukan CPR (cardiopulmonary resuscitation).

Video CCTV dalam bus tersebut memang menunjukkan bahwa Wuitschick dan siswa-siswa lainnya bersikap sangat tenang saat insiden ini terjadi. "Aku hanya bertindak berdasarkan insting. Semuanya terjadi sangat cepat dan tidak seperti dalam film-film di mana semua orang berteriak dan panik," tutur Wuitschick.

Otoritas setempat memuji tindakan berani Wuitschick ini dan berencana memberikan hadiah kepadanya.

"Saya beritahu kepada Anda, saya akan memberikan anak ini penghargaan karena berpikir cepat. Dia melakukan hal yang benar dan kami akan memberikan sesuatu kepadanya. Anak ini pantas mendapat penghargaan," ucap Kepala Kepolisian Milton, Bill Rhodes, kepada ABC News.

Sementara itu, sang sopir bus yang tidak disebutkan identitasnya, telah dilarikan ke rumah sakit terdekat RS St Francis. Belum diketahui penyebab sang sopir tiba-tiba pingsan.


(nvc/ita)