DetikNews
Jumat 24 Juni 2016, 15:09 WIB

Referendum Brexit

Kubu 'Leave' Menang, Ini Hasil Penghitungan Final Brexit

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Kubu Leave Menang, Ini Hasil Penghitungan Final Brexit Penghitungan suara referendum (Foto: Paul Faith / AFP)
London, - Panitia mengumumkan secara resmi hasil dari referendum Britain Exit atau Brexit. Hasilnya, Inggris memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa.

"Saya akan memberikan pengumuman hasil penghitungan yang telah disertifikasi. Total angka yang kami hitung adalah 33.577.342," kata seorang panitia penghitungan referendum seperti dikutip dari video euronews, Jumat (24/6/2016).

Dari angka tersebut sebanyak 16.141.241 orang memilih untuk tetap berada di Uni Eropa. Sedangkan untuk yang memilih keluar dari Uni Eropa adalah 17.410.742 orang. Dari hasil itu, maka 51,9 persen memilih keluar dari Uni Eropa, sisanya 48,1 persen bertahan.

"Ini berarti Inggris keluar dari Uni Eropa," imbuh perempuan tersebut.

Hasil dari referendum ini mengundang reaksi negara lain yang ada di Uni Eropa. Hasil ini juga membuat PM Inggris David Cameron mengundurkan diri.

"Saya pikir tidak akan tepat bagi saya untuk menjadi kapten yang membawa negara kita pada tujuan berikutnya," ucap PM Cameron kepada wartawan di luar kantornya di Downing Street, London, seperti dilansir Reuters.

Inggris merupakan negara pertama yang keluar dari Uni Eropa. Keputusan Inggris ini juga membuat sejumlah politikus Eropa terkejut.
(bag/mad)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed