DetikNews
Selasa 26 April 2016, 17:43 WIB

Kebakaran Besar di Museum Sejarah Alam India, Koleksi Langka Hangus

Novi Christiastuti - detikNews
Kebakaran Besar di Museum Sejarah Alam India, Koleksi Langka Hangus Kebakaran menghanguskan museum India (REUTERS/Anindito Mukherjee)
New Delhi - Kebakaran besar melanda Museum Sejarah Alam India di New Delhi. Kebakaran ini menghanguskan koleksi flora dan fauna langka di museum tersebut.

Disampaikan Dinas Pemadam Kebakaran setempat, seperti dilansir AFP, Selasa (26/4/2016), kebakaran ini terjadi sejak Senin (25/4) malam dan berawal dari lantai enam gedung yang menjadi lokasi museum tersebut. Api dengan cepat menyebar ke lantai lainnya.

Menurut pejabat dinas pemadam kebakaran setempat, sedikitnya 35 petugas pemadam dikerahkan untuk memadamkan api. Upaya pemadaman tidak mudah dilakukan karena berlangsung berjam-jam. Bahkan hingga lima petugas pemadam dilarikan ke rumah sakit karena terlalu banyak menghirup asap.

Kebakaran menghanguskan museum India (REUTERS/Anindito Mukherjee)


Dalam pernyataannya Kementerian Lingkungan India menyebut spesimen flora dan fauna langka yang disimpan di museum itu hangus. Menteri Lingkungan India, Prakash Javadekar, menyatakan pihaknya belum menaksir besar kerusakan akibat kebakaran itu.

"Ini sungguh kehilangan besar. Kehilangan ini tidak bisa dihitung dalam rupee. Beberapa spesies flora dan fauna berusia tua ada di sana," tutur Javadekar kepada wartawan di luar museum. Dia menambahkan beberapa koleksi yang hancur merupakan jenis langka.

Javadekar memerintahkan audit keselamatan segera terhadap 34 museum besar lainnya di India, usai insiden ini. Penyebab kebakaran ini belum diketahui pasti.

Kebakaran menghanguskan museum India (REUTERS/Anindito Mukherjee)


Museum Sejarah Alam Nasional India itu diresmikan tahun 1978 silam. Museum itu menyimpan berbagai spesimen fauna seperti kupu-kupu, katak, ular, kadal, hingga macan tutul yang diawetkan.

Insiden kebakaran semacam ini cukup sering terjadi saat musim panas melanda India selama berbulan-bulan. Dalam beberapa kasus, korsleting listrik di dalam gedung yang sudah cukup tua menjadi pemicu kebakaran.

Kebakaran menghanguskan museum India (REUTERS/Anindito Mukherjee)



(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed