Putin, Erdogan dan Mahmoud Abbas Resmikan Masjid Terbesar Eropa di Rusia

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Rabu, 23 Sep 2015 22:29 WIB
Foto: reuters
Moskow - Presiden Rusia Vladimir Putin meresmikan masjid terbesar di Eropa yang terletak di Moskow. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas ikut meresmikan masjid tersebut.

Dilansir BBC, Rabu (23/9/2015) Masjid Jum'ah tersebut bisa menampung 10.000 jemaah. Menurut keterangan tertulis dari KBRI Moskow, masjid nan megah ini diberi nama Masjid Agung Moskow atau Moskovskiy Soborniy Mecet.
Foto: Putin dan Mahmoud Abbas saat meresmikan (reuters)
Putin mengatakan bahwa ini akan menjadi pusat spiritualitas dan pendidikan yang nantinya akan menyatukan seluruh agama yang berbeda. Putin juga memuji para pemimpin muslim di Rusia yang tidak menoleransi tindakan ekstremisme.

"Umat muslim Rusia telah kembali setelah memberikan kontribusi besar bagi sejarah Rusia. Nilai-nilai humanis seperti juga agama lainnya yang mengajarkan keadilan, belas kasihan dan mencintai orang lain ada di Islam," ungkap Putin.
Foto: Erdogan pun turut meresmikan (reuters)
Masjid Jum'ah berdiri pada titik yang sama setelah tempat ibadah itu pernah dirubuhkan. Biaya pembangunan sepenuhnya didanai oleh donor.

Foto: Interior masjid yang megah (reuters)
(bag/rjo)