DetikNews
Rabu 18 September 2013, 17:34 WIB

Miliarder China Diserang Pria Pengangguran Bersenjata Pisau

- detikNews
Miliarder China Diserang Pria Pengangguran Bersenjata Pisau Ilustrasi
Beijing, - Multi-miliarder China, Zong Qinghou terluka akibat diserang seorang pria bersenjata pisau. Pria terkaya kedua di China itu diserang oleh seorang pria pengangguran yang ingin meminta pekerjaan padanya.

Zong merupakan CEO produsen minuman terkenal di China, Wahaha Group. Menurut versi majalah Forbes, nilai kekayaan Zong ditaksir mencapai US$ 11 miliar. Dia berada di urutan kedua dalam daftar orang terkaya di China, setelah Wang Jianlin, pemimpin konglomerat Wanda Group dengan nilai kekayaan US$ 14 miliar.

Menurut kantor berita resmi China, Xinhua memberitakan seperti dilansir AFP<\/em>, Rabu (18\/9\/2013), seorang pria pengangguran bersenjata pisau mendekati Zong dekat rumahnya di kota Hangzhou, China timur. Pria itu meminta untuk bekerja di perusahaan Wahaha.

Ketika Zong menolak pria dengan nama keluarga Yang itu, pria itu pun marah dan menyerang miliuner berumur 67 tahun itu. Zong pun mengalami luka-luka di dua jari tangan kirinya.

Yang asal Suzhou tersebut ditangkap di hari yang sama usai kejadian pada Jumat, 13 September itu.

Menurut Xinhua, Zong menyebut insiden itu sebagai \\\"kecelakaan\\\" dan dia telah pulih dan sudah kembali bekerja.

Sebelumnya harian Hong Kong Commercial Daily melaporkan, serangan itu kemungkinan sebagai aksi balas dendam atas penggantian sejumlah ekskutif di sebuah unit Wahaha. Perusahaan itu saat ini mempekerjakan hampir 30 ribu orang di lebih dari 70 fasilitas produksi di seluruh China.




(ita/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed