detikNews
Kamis 29 November 2012, 10:14 WIB

Rakyat Gaza Berterima Kasih pada Iran Atas Dukungan Melawan Israel

- detikNews
Rakyat Gaza Berterima Kasih pada Iran Atas Dukungan Melawan Israel Baliho terima kasih untuk Iran (PressTV)
Gaza City - Warga Palestina yang berada di wilayah Gaza menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Iran. Selama serangan Israel ke Gaza yang berlangsung 8 hari, Iran dinilai berperan besar membantu rakyat Palestina melawan Israel lewat senjata-senjata yang dikirimkannya.

Tidak tanggung-tanggung, ucapan terima kasih ini disampaikan melalui sebuah baliho raksasa yang dipasang di tiga lokasi persimpangan jalan utama di wilayah Gaza. Baliho tersebut bertuliskan bahasa Arab maupun bahasa Inggris yang berbunyi: \\\'Thanks and gratitude for Iran<\/em>\\\'.

Pada baliho tersebut juga tercetak bendera kedua negara. Demikian seperti dilansir Press TV<\/em>, Kamis (29\/11\/2012).

Diketahui bahwa Iran mensuplai senjata bagi kelompok-kelompok perlawanan Palestina. Salah satunya, senjata canggih berupa roket Fajr-5.

Roket inilah yang menghantam wilayah Tel Aviv dan al-Quds (Yerusalem) saat krisis Gaza berlangsung belum lama ini. Roket-roket ini ditembakkan oleh militan di Gaza sebagai balasan atas serangan udara Israel yang menewaskan 166 warga Palestina dan melukai 1.200 orang lainnya.

Krisis Gaza diakhiri dengan kesepakatan gencatan senjata antara Israel dengan Hamas pada 21 November malam. Sejak saat itu, seluruh serangan harus dihentikan tanpa terkecuali.

Sementara itu, pekan ini bantuan kemanusiaan dari Organisasi Bulan Sabit Merah Iran (IRCS) siap untuk dikirimkan ke wilayah Gaza melalui wilayah pantai. Direktur IRCS urusan internasional, Shahabeddin Mohammadi Eraqi menyatakan, pihaknya mempersiapkan bantuan bagi rakyat Palestina yang membutuhkan, sesuai dengan yang didata oleh Organisasi Bulan Sabit Merah Palestina di Gaza.





(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com