Hamid Awaludin dan Abdul Rahman Saleh Dilantik Jadi Dubes

- detikNews
Selasa, 08 Apr 2008 11:17 WIB
Jakarta - Mantan Menkum HAM Hamid Awaludin dan mantan Jaksa Agung Abdul Rahman Saleh mendapat tugas baru. Presiden SBY menugaskannya menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI masing-masing untuk Federasi Rusia dan Kerajaan Denmark merangkap Lithuania.

Mereka dilantik bersama 12 orang duta besar baru lainnya. Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah berlangsung pagi ini di Istana Negara, Jakarta, Selasa (8/4/2008).

Selain Hamid dan Arman, ada dua mantan petinggi negara juga ditugaskan sebagai duta besar. Yaitu mantan Kapolri Jenderal Pol Da'i Bachtiar untuk Kerajaan Malaysia dan mantan Jaksa Agung Andi M. Galib untuk Republik India.

Dari kalangan politisi ada Mohammad Hatta. Mantan ketua Fraksi Partai Golkar di DPR itu segera menempati pos baru di Bangkok sebagai Duta besar RI untuk Kerajaan Thailand dan Unescap.

Sedangkan pejabat karier Deplu ada mantan Jubir Deplu Yuri Octavian Thamrin. Ia diangkat sebagai duta besar RI untuk Kerajaan Inggris merangkap IMO dan Republik Irlandia dan berkedudukan di London.

Selain mereka, dilantik juga sejumlah dubes baru RI sebagai berikut:

1. Pitono Purnomo untuk Republik Sosialis Vietnam
2. Michael Menufandu untuk Kolombia
3. Harry Purwanto untuk Republik Finlandia merangkap Republik Estonia
4. Mohammad Wahid Supriyadi, untuk Persatuan Emirat Arab
5. Nurul Aulia, untuk Yaman
6. Banua Radja Manik untuk Kuba
7. Djafar Husein, untuk Republik Sosialis Demokrasi Sri Lanka dan Maladewa, kolombo
8. Budi Bowolekson untuk Republik Kenya, UNEP dan UNCHS.  (lh/ana)