Pandemi Covid-19, Jadwal Tes dan Pengumuman Hasil SBMPTN 2020 Diundur

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 28 Jun 2020 19:41 WIB
Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Ilustrasi Pengumuman hasil SBMPTN 2020 diundur (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Jakarta -

Apakah detikers sudah menyelesaikan proses pendaftaran SBMPTN 2020? Kalau iya, kamu perlu rajin meng-update informasi terbaru, lho! Soalnya, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan bahwa ada perubahan jadwal proses SBMPTN, termasuk jadwal pengumuman hasil SBMPTN 2020.

Sebenarnya, perubahan ini tidak terlalu mengejutkan. Mengingat situasi pandemi Covid-19 saat ini, tentu kesehatan dan keselamatan masyarakat jadi prioritas, kan? Jadi, tak heran kalau perubahan ini perlu dilakukan karena situasinya memang berbeda jauh dari penyelenggaraan SBMPTN tahun-tahun sebelumnya, termasuk pada proses pendaftaran SBMPTN 2019 hingga pengumumannya tahun lalu.

Jadwal Baru Proses SBMPTN 2020

Secara garis besar, perubahan jadwal untuk tes UTBK hingga pengumuman hasil SBMPTN 2020 adalah sebagai berikut:

  1. Tes UTBK dilakukan dalam 2 (dua) tahap, yaitu 5 s.d 14 Juli 2020 dan 20 s.d 29 Juli 2020

  2. Tes UTBK diubah menjadi hanya 2 (dua) sesi per hari, yaitu sesi 1 pada pukul 09.00 s.d 11.15 waktu setempat dan sesi 2 pada 14.00 s.d 16.15 waktu setempat. Jeda selama 2 jam 45 menit di antara kedua sesi dilakukan untuk penerapan protokol kesehatan

  3. Pengumuman hasil SBMPTN 2020 dilakukan pada 20 Agustus 2020.

Tips UTBK-SBMTPN 2020 di Tengah Pandemi

Dengan mempertimbangkan situasi saat ini, kamu barangkali merasa lebih terbebani. Selain beban persiapan diri untuk menghadapi tes UTBK yang menentukan masa depanmu nanti, kamu juga perlu melakukan tes di masa pandemi Covid-19 yang berbeda.

Meski demikian, kamu tak perlu panik, kok. Dengan persiapan diri yang maksimal, pandemi tak perlu jadi batu ganjalan untuk mewujudkan impianmu melanjutkan studi ke PTN favorit. Dan untuk membantumu mempersiapkan diri dengan lebih baik, yuk simak tips persiapan UTBK-SBMPTN 2020 di tengah masa pandemi Covid-19 berikut ini!

1. Siapkan mental dan jaga kondisi tubuh

Persiapan menjelang tes UTBK tak hanya soal persiapan mengerjakan soal, lho! Kamu juga perlu perkuat mentalmu dan menjaga kondisi tubuh agar fisikmu 100 persen prima di hari ujian nanti. Kalau tubuhmu sehat, kamu akan lebih mudah fokus mengerjakan soal, kan? Di samping itu, menjaga kondisi tubuhmu menjelang tes juga penting untuk daya tahan tubuh agar kamu tidak mudah terserang penyakit.

2. Susun jadwal belajar yang efektif

Walaupun kamu jadi tidak bisa belajar di perpustakaan atau tempat umum lainnya, tak berarti kamu langsung pasrah dan belajar dengan asal-asalan. Apalagi kalau kamu punya tugas-tugas penting lainnya di rumah selama masa pandemi saat ini, seperti membantu orang tua mengerjakan tugas rumah tangga.

Karena itu, kamu perlu buat jadwal belajar yang kamu anggap paling pas. Tentunya, pastikan seluruh anggota keluargamu tahu tentang jadwal belajarmu agar kamu bisa fokus belajar, ya. Dan dengan membuat jadwal, kamu jadi bisa membagi waktu dengan baik antara belajar dan aktivitas lainnya, termasuk istirahat.

3. Rajin kerjakan soal latihan

Satu hal lainnya terkait tes UTBK 2020 yang perlu kamu perhatikan adalah materi yang diujikan. Karena pandemi dan pengurangan jumlah sesi tes per harinya, tes UTBK tahun ini hanya akan fokus pada Tes Potensi Skolastik (TPS). Karena itu, kamu bisa manfaatkan waktu belajar untuk mengerjakan soal-soal latihan untuk meningkatkan pemahamanmu. Selain itu, cara ini juga bisa membantumu mendapatkan gambaran lebih jelas soal pola soal yang diujikan saat hari H tes UTBK nantinya, lho.

(erd/erd)