Menkes: 72 Orang Terjangkit Hepatitis A di Depok

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 11:33 WIB
Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. Foto: Andhika Prasetya/detikcom
Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. Foto: Andhika Prasetya/detikcom
Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menyebut ada 72 kasus hepatitis A di Depok, Jawa Barat. Tiga orang di antaranya dirawat inap di rumah sakit.

"Hasil penelusuran yang dilakukan, kasus jumlah penderitanya sebanyak 72 kasus, 38 laki-laki, 34 perempuan dan ini kasus hepatitis A yang dirawat sebanyak 3 orang. Sebagian berobat jalan dan istirahat di rumah, tidak masuk sekolah," kata Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (21/11/2019).

Dari 72 kasus, Terawan membenarkan salah satu lokasi yang terjangkit adalah di SMPN 20 Pancoran Mas, Depok. Jajarannya sudah turun ke lokasi kejadian.
"Di SMP Negeri 20 Kecamatan Pancoran Mas Depok dilaporkan hasil klarifikasi ke pengelola program hepatitis dan penyakit infeksi saluran kencing, Dinkes Depok didapatkan keterangan bahwa kejadian tersebut benar. Jadi benar setelah diklarifikasi," ujar Terawan.

Terawan memastikan pihaknya sudah melakukan penanganan atas kejadian ini. Pertama, mencegah penyebaran penyakit. Yang kedua, tindakan medis untuk penyembuhan.


"Tadi langsung melakukan survei, pendataan supaya tepat. Jangan sampai, istilahnya gini, jangan sampai makin menyebar dan tetapi kami juga langsung melibatkan untuk tindakan-tindakan medisnya. Jadi dua hal. Satu, mencegah penyebaran semakin meluas. Kedua, kami melakukan tindakan medis untuk penyakitnya," ujar Terawan.



Tonton juga video Kemenkes Terjunkan Tim Tangani Wabah Hepatitis A di Pacitan:

[Gambas:Video 20detik]



(dkp/aan)