Komjen Idham Azis Dilantik sebagai Kapolri Besok

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Kamis, 31 Okt 2019 18:00 WIB
Komjen Idham Azis (Lamhot Aritonang/detikcom)
Komjen Idham Azis (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Komjen Idham Azis sah ditetapkan sebagai Kapolri dalam rapat paripurna DPR. Rencananya, besok Idham Azis dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kalau tidak ada aral melintang, besok (Jumat) saya kemungkinan besar akan dilantik oleh Bapak Presiden," ujar Idham seusai rapat paripurna di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (31/10/2019).


Idham mengatakan jabatan barunya ini akan diabdikan kepada negara dan masyarakat. Idham mensyukuri kepercayaan jabatan Kapolri yang diembannya saat ini.

"Baru saja proses sidang paripurna DPR menetapkan dan memutuskan saya menjadi Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia yang akan menggantikan Bapak Jenderal Tito Karnavian. Secara pribadi saya mensyukuri ini adalah bagian dari mukjizat Allah terhadap diri saya," ujar Idham.

"Saya berjanji untuk memberikan pengabdian yang terbaik bagi institusi Polri, masyarakat, negara, dan bangsa," katanya.



Sidang paripurna DPR mengesahkan penetapan Komjen Idham Azis sebagai Kapolri. Sebelumnya, Komisi III DPR menyetujui Komjen Idham Azis menjadi Kapolri. Idham ditunjuk sebagai calon tunggal pengganti Jenderal (Purn) Tito Karnavian yang kini menjadi Mendagri.

"Semua fraksi berkesimpulan bahwa tidak perlu membuat pandangan fraksi, tapi keputusan melalui kapoksi, yaitu aklamasi. Aklamasi untuk menyetujui Komjen Idham Azis sebagai Kapolri," kata Ketua Komisi III DPR Herman Hery seusai fit and proper test Komjen Idham di ruang Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (30/10).

(azr/idn)