DetikNews
Selasa 01 November 2016, 14:38 WIB

Polda Metro Perkirakan Demo 4 November akan Diikuti 35 Ribu Orang

Mei Amelia R - detikNews
Polda Metro Perkirakan Demo 4 November akan Diikuti 35 Ribu Orang Ilustrasi-polisi siaga/Foto: Grandyos Zafna
FOKUS BERITA: Demo 4 November Ricuh
Jakarta - Polda Metro Jaya belum menerima pemberitahuan dari ormas Islam yang akan melakukan demonstrasi 4 November. Namun dari perkiraan sementara, polisi memperkirakan demonstrasi akan diikuti oleh sekitar 35 ribu orang.

"Massa sedang dalam pendataan, masih berkembang. Estimasi kemarin ada 35 ribu terus melonjak 50 ribu, tapi fluktuatif," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) M Iriawan kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (1/11/2016).

Polda Metro Jaya menyiapkan kekuatan pengamanan sebesar 20 ribu persone. Tidak hanya itu, BKO Brimob dari Polda Banten, Lampung, Jabar, Jatim, Kalimantan dan Nusa Tenggara Timur juga disiagakan di lokasi.

Terkait pengerahan jumlah pasukan yang begitu besar, Iriawan menegaskan hal itu penting sebagai upaya kesiapan. Polisi tidak ingin menganggap remeh, mengingat gelombang massa yang dikerahkan juga cukup banyak.

"Kan kita namanya mengamankan jadi supaya betul-betul kita siap apabila mungkin terjadi hal yang tidak diinginkan, prediksi ancaman sekarang," ujar Iriawan.

Dia menyebut pimpinan ormas sudah bertemu dirinya bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Mereka menurut Iriawan menjamin demo akan berlangsung dengan tertib dan aman.

"Mereka berkomitmen, ini demo unjuk rasa aman damai dan tertib dan kemudian kita melayani. Kita harus melayani dengan pelayanan yang cukup banyak makanya kami minta bantuan dari personel yang ada di sekitar Polda di luar Jakarta," lanjut Iriawan.




(mei/fdn)
FOKUS BERITA: Demo 4 November Ricuh
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed