DetikNews
Jumat 21 Oct 2016, 13:27 WIB

TNI AD Kirimkan 3 Tank Leopard ke Natuna

Andhika Prasetia - detikNews
TNI AD Kirimkan 3 Tank Leopard ke Natuna Tank Leopard yang akan dibawa ke Natuna. Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Batalyon Perbekalan Angkutan-4/Air TNI AD akan memberangkatkan tiga unit Tank Leopard dan 33 prajurit dalam rangka latihan antar cabang (Latancab) 2016 di Kepulauan Natuna. Mereka diberangkatkan dengan Kapal ADRI-L milik TNI AD.

Upacara secara simbolis dipimpin oleh Komandan Yonbekang-4/Air, Letkol Cba Atjep Mihardja Soma di Markas Yonbekang-4/Air, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (21/10/2016). Upacara dimulai pukul 10.45 WIB dan diawali dengan memuat tiga unit Tank Leopard ke dalam Kapal ADRI-L.

"Pemberangkatan dengan Kapal ADRI-L dalam rangka Latancab di Natuna, saya minta kepada seluruh ABK dilaksanakan dengan baik, utamakan keselamatan, perjalanan kalian kurang lebih 3 hari," pesan Atjep di hadapan 33 ABK.

TNI AD Kirimkan 3 Tank Leopard ke NatunaFoto: Andhika Prasetia/detikcom

Atjep mengatakan bahwa embarkasi dengan Kapal ADRI-L akan dilakukan pada hari Minggu, (23/10/2016). Dia mengatakan juga akan mengirim sejumlah Astros untuk dikirim ke Natuna.

"Iya, selain tank kami juga akan mengirim Astros. Jumlahnya masih belum dipastikan," lanjut Atjep.

TNI AD Kirimkan 3 Tank Leopard ke NatunaFoto: Andhika Prasetia/detikcom
Danyonbekang-4/Air ini pun mengatakan sebelumnya sudah mengirim 16 Tank Leopard dan beberapa Alutsista lain seperti 2 unit Astros, dan 6 pucuk meriam 105 ke Kepulauan Natuna. Beberapa Alutsista tersebut diangkut dengan 4 Kapal ADRI yang masing-masing membawa 33 prajurit.

"Kemarin perbekalan sudah sampai, lama perjalanan ke sana kurang lebih selama tiga hari. Sekarang tinggal beberapa perbekalan saja yang akan dikirim," kata Atjep.

TNI AD Kirimkan 3 Tank Leopard ke NatunaFoto: Andhika Prasetia/detikcom
Atjep menambahkan bahwa puncak Latancab 2016 di Kepulauan Natuna akan berjalan bulan November 2016. "Maka dari itu, kami dari Bekang menyiapkan segala perbekalan yang dibutuhkan," tutupnya.
(elz/elz)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed