WN Australia Pengelola Kafe di Kampus UI Diamankan Imigrasi Depok

Salmah Muslimah - detikNews
Senin, 03 Okt 2016 18:27 WIB
SG diamankan di kantor Imigrasi Depok (Foto: Dok Imigrasi Depok)
Depok - SG, Warga Negara (WN) Australia diamankan petugas Imigrasi Kelas II Depok. SG diamankan saat sedang melayani pembeli di kafe yang berlokasi di Kampus UI Depok, Jumat (30/9).

"Diamankan di sebuah tempat makan atau kafe yang berada di Fakultas Ilmu Bahasa di Universitas Indonesia," kata Kepala Imigrasi Depok Dudi Iskandar dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Senin (3/10/2016).

Petugas imigrasi lalu melakukan pemeriksaan di tempat kejadian, namun SG tidak dapat menunjukkan dokumen keimigrasian berupa paspor. Petugas lalu membawa SG ke kantor imigrasi untuk dilakukan pemeriksaan.

Petugas melakukan pemeriksaan di kafe SG (Foto: Dok Imigrasi Depok)Petugas melakukan pemeriksaan di kafe SG (Foto: Dok Imigrasi Depok)


Dudi mengatakan berdasarkan data lalu lintas keimigrasian SG terakhir kali datang ke Indonesia pada 17 September 2106 dengan menggunakan Visa on Arrival (VOA). Hasil pemeriksaan sementara, SG diduga merupakan pemilik kafe di Fakultas Ilmu Bahasa UI, dia juga memiliki kafe di FISIP UI dan sudah mengelola kafe tersebut selama 1 tahun.

"SG diduga melakukan pelanggaran keimigrasian yaitu menyalahgunakan atau melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan maksud dan tujuan pemberian izin tinggal yang diberikan kepadanya," ucap Dudi.

SG melanggar pasal 122 huruf UU Keimigrasian no 6 tahun 2011. Saat ini SG diamankan di kantor keimigrasian Kota Depok untuk pemeriksaan lebih lanjut. Belum ada keterangan dari UI terkait masalah ini.


(slm/ega)