DetikNews
Jumat 30 September 2016, 14:36 WIB

Kata Marwah Daud soal Foto Dimas Kanjeng Bersama Jokowi dan Panglima TNI

Triono Wahyu Sudibyo - detikNews
Kata Marwah Daud soal Foto Dimas Kanjeng Bersama Jokowi dan Panglima TNI Foto: Istimewa
Jakarta - Beredar foto-foto Dimas Kanjeng Taat Pribadi (46) dengan Panglima TNI Gatot Nurmantyo dan Presiden Joko Widodo. Ada yang percaya, ada yang menduga itu rekayasa atau editan.

Ketua Yayasan Padepokan Dimas Kanjeng, Marwah Daud Ibrahim, termasuk orang yang percaya. Biasanya, ada sultan (koordinator pengikut) atau santri yang mengajak Dimas Kanjeng bertemu pejabat atau orang penting. Nah, saat itulah, pengambilan gambar dilakukan.

"Sebetulnya, beliau (Dimas Kanjeng) tidak ingin, tapi kadang tidak bisa menolak," kata Marwah kepada detikcom, Jumat (30/9/2016).

Marwah Daud IbrahimMarwah Daud Ibrahim

Marwah menilai wajar seseorang berfoto dengan pejabat. Banyak yang melakukannya. "Jadi kalau beliau berfoto dengan pejabat, ya nggak aneh juga kan?" kata perempuan bergelar profesor ini.

Foto Dimas Kanjeng bersama Panglima TNI Gatot Nurmantyo terpampang di kalender di Padepokan. Dituliskan, foto itu diambil di Istana Negara. Saat dikonfirmasi, Gatot mengaku tidak tahu. Namun kata Gatot, kadang memang ada orang-orang yang tidak dikenalnya mengajaknya berfoto saat ia mengikuti sebuah acara.

Foto: IstimewaFoto: Istimewa

"Kalau wartawan nggak kasih tahu (Dimas Kanjeng), saya nggak tahu," kata Gatot saat berziarah di makam Jenderal Sudirman Yogyakarta, Kamis (29/9) kemarin.

Selain foto dengan Gatot, juga ada foto Dimas Kanjeng menyalami Jokowi dengan latar belakang Wapres Jusuf Kalla di Istana Negara. Belum diketahui keaslian foto tersebut. "Saya tidak tahu. Saya tidak mau komentar," kata Juru Bicara Presiden, Johan Budi.

Sebelumnya, Kapolres Probolinggo AKBP Arman Asmara Syarifudin mengaku belum bisa memastikan keaslian foto Dimas Kanjeng dengan sejumlah pejabat itu. Dia mengatakan bisa saja foto tersebut hasil rekayasa. "Ya bisa saja untuk kepentingan tertentu," katanya.
(try/iy)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed