Mantan Panglima GAM: Kopassus Sekarang Lebih Transparan

- detikNews
Rabu, 29 Apr 2015 15:16 WIB
Mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Muzakkir Manaf (Yoga/detikcom)
Jakarta - Mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Muzakkir Manaf memuji Komando Pasukan Khusus (Kopassus) yang sekarang lebih transparan dan terus berinovasi. Satuan baret merah itu juga dinilai lebih profesional, dan dekat dengan rakyat.

"Saya rasa Kopassus sekarang lebih transparan, lebih maju ke depan. Kita lihat Kopassus lebih giat dalam mempertahankan Tanah Air dan lebih profesional," ujar Muzakkir kepada wartawan di lapangan Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (29/4/2015).

Dia mengatakan, sebagai bagian dari angkatan bersenjata, Kopassus memang mesti mendapat dukungan dari rakyat. Jika tak ada dukungan, maka akan berdampak negatif terhadap satuan pasukan elite TNI AD itu.

"Semua lapisan mesti baik, ada dukung transparan, karena semua gerakan kalau tidak didukung rakyat, saya rasa agak fatal," sebut Wakil Gubernur Aceh itu.

Lanjutnya, saat ini kondisi Aceh yang sudah damai mendukung positif keamanan Indonesia. Ia mengapresiasi undangan Kopassus yang percaya terhadap pihaknya.

"Sejauh ini kondisi Aceh aman. Lebih daripada aman. Sempalan GAM sudah tidak ada. Cuma kelompok-kelompok yang bersifat mini, bukan anggota GAM," ujarnya.

(hat/bar)