Demo BBM di Yogya Rusuh, Mahasiswa Rusak dan Nyaris Bakar Pos Polisi

- detikNews
Selasa, 18 Nov 2014 15:27 WIB
(Foto: Edzan Raharjo/detikcom)
Yogyakarta - Di tengah guyuran hujan, demo menolak kenaikan harga BBM di Yogyakarta justru 'memanas'. Setelah membakar ban bekas, mahasiswa melempar batu ke pos polisi. Aksi yang seharusnya damai itu berujung rusuh.

Aksi dipusatkan di Jl Laksda Adi Sutjipto Yogyakarta, Selasa (18/11/2014). Ratusan mahasiswa dari dari Cakrawala, HMI, GMNI, FAMJ, LMND, IMM, SMII, dan lain-lain bergabung menjadi satu. Mereka berorasi bergantian meminta kenaikan BBM dibatalkan.

Tanda-tanda rusuh terlihat pada pukul 15.00 WIB. Mahasiswa memblokir jalan. Jalanan macet dari dan ke Solo itu total. Mereka sempat adu mulut dengan pengguna jalan. Namun aksi terus berlangsung.

Setelah membakar ban bekas, mahasiswa beringas. Mereka mendekati pos polisi di seberang kampus UIN Kalijaga, lalu melemparinya dengan batu. Polisi pun bereaksi. Gas air mata ditembakkan sebagai peringatan. Mahasiswa kalang kabut dan masuk ke kampus UIN.

Seorang mahasiswi diamankan polisi. Hingga saat ini, hujan masih mengguyur lokasi. Polisi bersenjata pentungan, bersiaga. Sedangkan mahasiswa berlindung di kampus UIN.

(try/try)