Soal Server e-KTP di Luar Negeri, Ini Tanggapan Kemendagri

- detikNews
Senin, 17 Nov 2014 20:57 WIB
Jakarta - KPK tengah menyidik chip e-KTP dan server yang ditaruh di luar negeri. Kapuspen Kemendagri Dodi Riatmaji mengaku tak tahu menahu server mana yang dimaksud KPK.

"Setahu saya servernya di sini, di Kemendagri. Tidak tahu kalau ada yang di luar. Saya juga tadi tanya-tanya ke yang lain dan tidak ada yang tahu," ujar Dodi saat dikonfirmasi, Senin (17/11/2014).

Untuk saat ini belum ada lagi e-KTP yang dicetak oleh Kemendagri. Dengan demikian belum ada lagi data yang dimasukan ke basis data menurut Dodi.

"Kemarin (16/11) saya rapat dengan Pak Mendagri (Tjahjo Kumolo) dan tidak ada info apa pun dari para dirjen," imbuh Dodi.

Ketika mendengar pemberitaan tentang adanya server e-KTP di luar negeri pun dirinya langsung mencari info ke para dirjen. Namun hasilnya nihil, tidak ada yang mengetahui informasi tersebut.

"Mungkin ada yang lebih tahu ketimbang saya. Mungkin bisa ditanyakan kepada Dirjen Dukcapil sebelumnya," pungkas Dodi.

Sebelumnya diberitakan bahwa KPK melakukan penyidikan terkait kasus e-KTP. KPK menengarai adanya monopoli yang dilakukan dalam pengadaan proyek tersebut.

"Ini agak menarik. Server di luar negeri itu fungsinya untuk security. Tapi kalau server itu di luar negeri ditarik bukan di luar kepentingan security malah bisa disedot untuk kepentingan di luar itu yang bahaya," kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjajanto.

(bpn/ndr)