Pulang dari Demo BBM, Mahasiswa Makassar Bentrok dengan Polisi

- detikNews
Kamis, 13 Nov 2014 13:41 WIB
Makassar - Sepulang dari aksi gabungan menolak kenaikan harga BBM di kantor DPRD Sulawesi Selatan, ratusan mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) berkonvoi di jalanan. Mereka terlibat bentrok di depan kantor DPRD Makassar, di jalan AP Pettarani, Makassar, Kamis (13/11/2014).

Massa mahasiswa UNM terlibat perang batu di tengah jalan dengan aparat kepolisian yang berjaga-jaga di kantor DPRD Makassar. Salah seorang mahasiswa diamankan dalam bentrokan ini.

Gerai KFC dan mall Living Plaza ACE Hardware langsung ditutup pengelolanya saat bentrokan berlangsung di depan gedungnya.

Akibat bentrokan ini arus lalu lintas di jalan AP Pettarani menuju selatan diarahkan ke jalan Hertasning.

Menurut anggota Sabhara Polrestabes Makassar, Ipda Baharuddin pada detikcom, menyebutkan keributan antara mahasiswa dengan polisi dipicu aksi perusakan beberapa mobil polisi yang diparkir di depan kantor DPRD Makassar.

"Mereka melintas di depan kantor DPRD Makassar, tiba-tiba ada yang turun merusak mobil rantis yang diparkir. Salah seorang rekan mereka diamankan, jadinya mereka balik menyerang polisi," ujar Ipda Baharuddin.

Setelah mahasiswa UNM yang sempat ditahan polisi dibebaskan, massa mahasiswa UNM kemudian kembali ke kampusnya, yang jaraknya sekitar 500 meter dari kantor DPRD Makassar

Dalam beberapa hari terakhir, demo berujung bentrokan terjadi berulang kali di Makassar. Selain memacetkan lalu lintas, kadang aksi tersebut menjurus pada perusakan fasilitas umum.

(mna/try)