Tim Pemenangan Jokowi Sebut Gagasan Rp 1 M Per Desa Prabowo Bikin Kacau

- detikNews
Jumat, 13 Jun 2014 22:53 WIB
Jakarta - Capres nomor urut 1 Prabowo subianto menjanjikan anggaran Rp 1 miliar untuk setiap desa di Indonesia bila terpilih menjadi presiden. Gagasan ini dinilai tim pemenangan Jokowi sebagai gagasan yang bisa menimbulkan kekacauan.

"Iya (gagasan Prabowo salah) dan akan menimbulkan kekacauan, serius," kata anggota Tim Pemenangan Budiman Sudjatmiko saat menemani Jokowi blusukan di Desa Gentasari, Kecamatan Kroya, Cilacap, Jumat (13/6/2014).

Ia menyatakan kondisi desa di Indonesia berbeda di setiap provinsi. Karena itu, tidak bisa disamaratakan untuk mendapat bantuan dana Rp 1 miliar.

"Desa yang 60 ribu penduduknya Rp 1 miliar. Sama desa yang penduduknya seribu (dikasih) Rp 1 miliar juga. Kan nggak adil bagi yang 60 ribu penduduknya. Daripada cuma dapet Rp 1 miliar lebih baik kita mecah desa. Kalau desanya mecah-mecah. Akan tumbuh desa-desa baru. Jadi gagasan Rp 1 miliar untuk satu desa akan menimbulkan kekacauan," sambungnya.


Latar belakang sebagai anggota di komisi II yang menggodok UU Desa, Budiman pun menyatakan jagoannya Jokowi-JK tak akan menerapkan sistem seperti. Anggaran yang digelontorkan untuk pengembangan desa haruslah sesuai dengan kondisi desa tersebut.

"Dalam program Pak Jokowi. Sesuai amanat UU desa, anggaran itu bukan dipukul rata. Tapi disesuaikan dengan penduduk desa itu, disesuaikan dengan luas daerah itu, disesuaikan dengan persentase di daerah itu. Disesuaikan dengan pembangunan di daerah itu dan pembangunan infranstruktur," ucapnya.

Untuk di Cilacap sendiri, Budiman menargetkan perolehan suara Jokowi-JK menembus angka 60 persen. "Minimmal 60 persen idelanya, termasuk Cilacap dan Banyumas. Kebetulan basisnya PDI Perjuangan. Ini 60 persen," ujarnya.



(bil/fdn)