Ormas dan Partai Islam Akan Lanjutkan Pertemuan di MUI

- detikNews
Sabtu, 19 Apr 2014 11:14 WIB
Din Syamsuddin
Jakarta - Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin mengungkap pertemuan-pertemuan antar ormas Islam dan partai-partai Islam sudah berulang kali digelar. Selanjutnya, Senin (21/4) pagi akan ada pertemuan sejenis di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Besok Senin jam 10 di MUI, mendorong partai-partai Islam bersatu. Menjalin koalisi," ujar Din dalam acara Perspektif Indonesia yang diadakan oleh Populi Center dan Smartfm di Restoran Rarampa, Jalan Mahakam II No 1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (19/4/2014).

Meski begitu, Din yang menjabat Ketua Umum MUI ini mengaku bahwa arah pilpres dalam pertemuan ini belum jelas. Menurutnya, arah pilpres masih harus dibicarakan.

Dia mengakui pertemuan-pertemuan sudah terjadi, bahkan sebelum pertemuan di Cikini, Kamis (17/4) kemarin. "Cikini itu (pertemuan) lanjutan," katanya mengungkapkan.

Din, yang hadir mengenakan kemeja batik warna hijau ini menuturkan umat dan ormas Islam memiliki harapan terhadap partai Islam untuk dapat menduduki posisi strategis terkait umat, termasuk mengajukan capres dan cawapres.

Menurut dia persatuan ini masih bisa terjadi tapi memang memerlukan waktu dan strategi. "Saya sudah temui parpol satu per satu, mereka sudah mau (untuk bertemu). Terserah mau gimana keputusannya (di hari Senin)," kata Din.



(sip/brn)