Rupa-rupa Penampakan Debu Gunung Kelud yang Guyur Tanah Jawa

- detikNews
Jumat, 14 Feb 2014 08:31 WIB
Jakarta - Abu Gunung Kelud hampir 'menyiram' seluruh wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ketebalan debu bahkan ada yang mencapai 10 cm.

Beberapa foto yang dikirimkan ke pasangmata.com, Jumat (14/2/2013), memperlihatkan berbagai lokasi yang terkena dampak dari abu vulkanik Gunung Kelud. Beberapa warga terlihat masih beraktivitas meski diguyur debu.

Di Bandara Adisumarmo, Solo terlihat sebuah pesawat yang seluruh badan pesawatnya diselimuti abu berwarna putih bak salju. Bandara di Solo berdasarkan keterangan Kementerian Perhubungan ditutup untuk sementara.

Lalu di pusat kota Yogykarta, tepatnya di Jalan Malioboro juga terlihat jalan dipenuhi oleh debu vulkanik Gunung Kelud. Beberapa warga terlihat menyalam lampu kendaraan karena jarak pandang yang berkurang.

Di Kediri, jawa Timur, beberapa warga tetap berjalan-jalan dan beraktivitas meski abu vulkanik Gunung Kelud masih turun. Terlihat warga masih belum menggunakan masker penutup hidung untuk berjaga-jaga dari serangan sesak nafas dan gangguan pernafasan lainnya.

Hujan abu terus turun dari dari puncak Gunung Kelud sejak semalam. Letusan pertama terjadi sekitar 22.50 WIB dan letusan kedua dan paling besar terjadi sekitar 23.30 WIB.





(fiq/fdn)