Soal Penyadapan, Wakil Ketua DPR akan Undang Dubes AS dan Australia

- detikNews
Jumat, 08 Nov 2013 18:56 WIB
Jakarta - Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso mengaku terperanjat mendengar soal penyadapan yang dilakukan Amerika Serikat dan Australia terhadap Indonesia. Untuk itu, DPR akan mengundang Duta Besar kedua negara.

"Saya akan mengajak bincang-bincang Dubes AS dan Australia dengan pimpinan DPR dan Komisi Luar Negeri DPR untuk mencari solusi. Mudah-mudahan hari Senin (11/11)," kata Priyo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (8/11/2013).

Priyo menegaskan bahwa dirinya bukan 'memanggil' pihak asing tersebut, melainkan 'mengundang' sebagai tamu kehormatan untuk menjelaskan masalah penyadapan tersebut.

Pemerintah didorongnya agar bereaksi lebih keras menanggapi isu ini. Karena masalah ini sudah menyangkut kedaulatan negara. Apalagi AS dan Australia menyatakan sebagai negara sahabat Indonesia.

"Saya melihat pemerintah kita sudah berikhtiar tetapi masih kurang. Diplomasi kita masih terlalu lembek dan sopan santun," ujar politisi Golkar ini.

Priyo menyatakan jika isu yang dihembuskan Edward Snowden itu tidak dijelaskan secara gamblang, maka isu ini bisa menjadi besar.

"Saya sebagai ketua Kaukus Amerika-Indonesia merasa terperanjat," kata Priyo.

(dnu/rvk)