1 Minggu Razia, Tim Pemburu Monyet Jaktim Tangkap 52 'Sarimin'

- detikNews
Selasa, 29 Okt 2013 19:36 WIB
Jakarta - Sudah satu pekan Suku Dinas Perikanan dan Peternakan Jakarta Timur merazia 'Topeng Monyet'. Setidaknya ada 52 monyet yang terjaring dalam operasi tersebut.

"Dari tanggal 21 Oktober 2013 sampai sekarang, ada 52 monyet yang berhasil kita jaring," ujar Kasudin Perikanan dan Peternakan Jakarta Timur Wachyuni saat dikonfirmasi, Selasa (29/10/2013).

Wachyuni mengatakan begitu instruksi dari Gubenur DKI Jakarta Joko Widodo turun, Sudin Perikanan dan Peternakan Jakarta Timur langsung menggelar razia. Pada awalnya terdapat banyak rintangan, namun akhirnya bisa diatasi.

"Kita langsung turun ke lapangan merazia mereka. Pertama razia kita sempat bocor, dan hanya satu pawang yang didapat," tuturnya.

Belajar dari kesalahan tersebut. Wachyuni pun memeriksa pawang monyet yang sudah tertangkap. Hal itu untuk mengetahui lokasi teman-temannya tinggal dan beroperasi.

"Setelah kita tanya akhirnya ketahuan juga kalau mereka tinggal di Kampung Monyet. Dan informasi itu langsung kita tindak lanjuti," ujarnya.

Wachyuni mengatakan kalau pihaknya berhasil mengamankan para pawang di Cipinang Besar Selatan, Kampung Dukuh dan Cipinang Muara. Hasil razia didapatkan puluhan monyet.

"Nanti razia akan tetap kita lanjutkan sampai Jakarta bebas monyet. Titik selanjutya kita akan razia di Cakung," ungkapnya.

(edo/trq)