Hari Sumpah Pemuda, Mahasiswa di Tasik Lakukan Aksi Nyalakan Lilin

- detikNews
Senin, 28 Okt 2013 04:51 WIB
Tasikmalaya - Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, puluhan aktivis mahasiswa Barisan Pelopor Tasikmalaya lakukan aksi di depan Tugu Adipura, Kota Tasikmalaya. Mereka merenungkan dengan menyalakan lilin.

Aksi tersebut dilakukan pada pukul 22.00 WIB, Minggu (27/10/2013), aktivis mahasiswa melakukan orasi terhadap pemerintah sambil menyalakan lilin dan membacakan teks Sumpah Pemuda.

Adapun tuntutan aktivis ini, meminta pemerintah harus menjadikan pemuda sebagai mitra kerja dan jangan menganggap pemuda dijadikan sampah belaka.

"Pemerintah harus membawa kebenaran dan jangan ada kebohongan, tolong jangan jadikan pemuda sebagai sampah," ungkap Kordinator aksi Gugun Kurniawan, kepada detikcom.

Tidak hanya itu, momentum sumpah pemuda ini jangan dijadikan ajang seremonial belaka. Karena lapisan masyarakat pun punya adil berupacara. " Kami meminta pemerintah, jangan hanya menggelar upacara saja, ini bertanda tidak akan memecahkan solusi kepada lapisan masyarakat," paparnya.

Sementara itu, puluhan massa akan melakukan aksi kembali besok di halaman Bale Kota Tasikmalaya. Senin (28/10/2013) mereka sama akan menuntut pemerintah, supaya jujur dan mampu pemuda dijadikan mitra.

Namun aksi tersebut tidak ada sama sekali pengawalan dari Polisi maupun Satpol PP dan masa berakhir pada tengah malam.

(rvk/rvk)