Ditemukan Lagi 1 Gajah Mati di Aceh, Diduga Diracun

- detikNews
Jumat, 26 Jul 2013 16:15 WIB
Foto: Feri Fernandes/detikcom
Lhokseumawe - Kepolisian Langsa menemukan seekor gajah mati di kawasan areal perkebunan kelapa sawit Kabupaten Aceh Timur, Aceh. Tak berapa lama, seekor lagi ditemukan di dekat lokasi. Diduga kuat kedua gajah itu mati karena diracun.

"Kesimpulan sementara diduga kuat kedua gajah itu diracun. Petugas tidak menemukan luka akibat bekas tembakan maupun jeratan," kata Kapolres Langsa AKBP Hariadi kepada detikcom, Jumat (26/7/2013).

Saat mendatangi lokasi sekitar pukul 05.30 WIB, Jumat (26/7), petugas menemukan seekor gajah dewasa jenis kelamin laki laki telah mati membusuk di kebun Tualang Sawit AFD VII Blok 57 Desa Blang Tualang, Kecamatan Bireum Bayeun, Aceh Timur. Gajah sepanjang 3,2 meter ini ditemukan karyawan PTPN Mulyanto.

"Diperkirakan mati 5 hari lalu itu. Saat ditemukan gadingya sudah tidak ada," jelas Hariadi.

Karena ada laporan dari masyarakat soal kematian gajah lainnya, petugas melakukan penyisiran di sekitar lokasi perkebunan. Ditemukan lagi bangkai gajah dewasa sepanjang 2,5 meter. Kondisinya sudah membusuk dan terapung di sungai antara Desa Alu Tuwi, Kecamatan Rantau Selamat dan perkebunan sawit AFD VIII blok 71 Desa Blang Tulang, Kecamatan Bireum Bayeun.

"Kami akan usut," tukas Haryadi.

Dalam 2 bulan terakhir ini, kematian terhadap hewan yang dilindungi tersebut marak terjadi di Aceh. Namun hingga kini aparat keamanan setempat belum dapat mengungkap pelaku.

Kematian gajah-gajah itu menyita perhatian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Orang nomor satu di RI itu ngetwit: "Kita dikejutkan oleh tewasnya gajah di Aceh secara mengenaskan. Perilaku yg tidak bertanggung jawab di bulan Ramadhan. *SBY*."

"Kemenhut & Polda Aceh sedang melakukan penyelidikan. Saya telah instruksikan utk tindak pelakunya. Cegah, jangan sampai terjadi lagi. *SBY*, tulis SBY, Senin (15/7/2013) malam.

(try/try)