Polisi Tembak Buronan Kasus Pembunuhan dan Curanmor di Manado

- detikNews
Jumat, 14 Jun 2013 02:01 WIB
Manado, - Buronan kasus pembunuhan dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor), FR alias Fali (21), dibekuk Tim Khusus (Timsus) Polda Sulut. Tersangka terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas yang bersarang di kaki kanannya.

"Tertangkap di tempat kosnya di Kelurahan Malendeng Kecamatan Paal Dua, pukul 10.30 WITA," ujar Kepala Timsus B Polda Sulut Iptu Ronny Maridjan kepada detikcom di Rumah Sakit Bhayangkara Manado, Kamis (13/6/2013) malam.

Menurut Maridjan, tersangka terpaksa ditembak karena melakukan perlawanan tdan berusaha melarikan diri saat ditangkap.

"Saat kami mengepung tempat kosnya, dia (tersangka) melawan satu anggota kami dan kemudian berusaha kabur. Terpaksa kami tembak kakinya," terang Maridjan.

Informasi yang dihimpun detikcom, tersangka adalah residivis kambuhan yang sering melakukan aksi pencurian kendaraan bermotor dengan disertai kekerasan. Tersangka tak segan-segan melukai korbannya ketika melakukan perlawanan.

"Sudah ada sekitar 24 TKP pencurian yang dilakukan dengan kekerasan yang dilakukannya di wilayah Manado dan sekitarnya yang dilaporkan ke polsek dan polres," kata Maridjan.

Kasus pembunuhan yang dilakukannya di tahun 2010 silam, juga berawal dari kasus pencurian dengan kekerasan. Tersangka mencegat tukang ojek bernama Jefry Nangoy (29) dengan berpura-pura menjadi penumpang di Jalan Sam Ratulangi Kelurahan Sario.

Korban kemudian diarahkan ke kompleks Perumahan Lembah Sari Kelurahan Winangun Kecamatan Malalayang yang sepi di malam hari. Korban lalu ditodong dan ditikam dengan pisau di perutnya, namun berhasil lari menyelamatkan diri sambil berteriak minta tolong.

Tersangka kemudian mengejar korban yang lari ke perumahan dan menikam berulang kali dan kemudian melarikan diri. Korban sempat mendapat pertolongan warga, namun dalam perjalanan menuju ke rumah sakit menghembuskan nafas terakhir.

(fjp/fjp)