Inilah Kepemimpinan Ideal Versi Doktor (HC) Jusuf Kalla

- detikNews
Sabtu, 09 Feb 2013 10:53 WIB
JK di UI (Novi Chris/ detikcom)
Jakarta - Suasana pelantikan wisuda di Universitas Indonesia kali ini tampak berbeda dengan kehadiran Jusuf Kalla (JK) yang dianugerahi gelar doktor honoris causa bidang kepemimpinan. Di hadapan wisudawan/ wisudawati, JK berceramah soal kepemimpinan.

"Prasyarat dasar kepemimpinan, adalah, adanya visi yang jelas dan tujuan yang kongkrit. Visi dan tujuan itulah yang membuat pemimpin diikuti karena ada keinginan yang harus diraih, ada pulau yang hendak dicapai," ujarnya dalam acara wisuda yang bertempat di Balairung kampus UI Depok, Sabtu (9/2/2013).

Syarat kepemimpinan berikutnya, menurut JK adalah, pemimpin harus mengambil tanggungvjawab. Bawahan harus dilindungi dan tidak boleh melimpahkan segala kesalahan buat mereka.

"Pelimpahan kesalahan ke bawah membuat bawahan akan defisit dalam inisitaif, kurang dalam kreativitas dan rapuh dalam loyalitas, tetapi surplus dalam kepura-puraan," tuturnya.

JK mengatakan hal berikutnya yang harus diperhatikan pemimpin adalah keteladanan dan keikhlasan dalam bekerja. Orang akan mengikuti/ menuruti pemimpin tanpa syarat manakala pemimpin tersebut sudah diyakini sebagai jalan kebenaran.

"Keikhlasanlah yang membuat seseorang menjadi pemimpin yang amanah dan jujur sementara kejujuran adalah ajaran moral pokok mengenai legitimasi kepemimpinan. Dengan keikhlasan, segalanya jadi otentik," katanya.

Prasyarat kepemimpinan di atas, kata JK, harus dilengkapi dengan kemampuan melihat dan optimis akan adanya peluang, bukan pesimis dalam menggeluti persoalan, fokus pada kekuatan, bukan pada kelemahan, menerawang ke depan, bukan meratapi masa silam, serta mengatasi masalah dan siap membayar ongkos dari segala resiko.

(nvc/gah)