Tahun 2013 SD Butuh Gamelan, Minta Saja ke Kemendikbud

- detikNews
Jumat, 28 Des 2012 18:48 WIB
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh mengatakan akan memberi porsi lebih bagi pendidikan kebudayaan di tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD), tahun depan. Pada Kurikulum 2013 mendatang, pemerintah pusat akan mengakomodasi kebutuhan fasilitas pendidikan kebudayaan tersebut.

"Misalnya kamu butuh gamelan, biar kita menyediakan," kata Nuh dalam acara Konferensi Pers Akhir Tahun Kemendikbud 2013 di Kantor Kemendikbud Jalan Jend Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (28/12/2012).

Nuh menyatakan Kurikulum 2013 mendatang akan lebih mengintegrasikan pendidikan dan kebudayaan. Maka, mata pelajaran kebudayaan di SD diberi porsi besar, 4 jam pelajaran. Untuk menunjang proses pembelajaran, Kemendikbud juga akan memfasilitasi pendirian sanggar-sanggar kesenian di sekolah-sekolah.

"Tahun 2013, kita mulai mendirikan sanggar-sanggar di sekolah. Misalnya, sanggar tari, dulu kan dari pihak sekolah (pendiriannya-red), sekarang kita berikan dari pusat ke sekolah-sekolah yang ada di daerah-daerah," ujar Nuh.

Rencananya, konten-konten sosial, budaya, dan sains akan dimasukkan dalam pelajaran kebudayaan tersebut.

(nwk/nwk)