Tepergok Wisata di Copenhagen, Anggota Baleg DPR Siap Diperiksa BK

- detikNews
Selasa, 11 Sep 2012 09:48 WIB
Anggota DPR Tepergok Wisata di Copenhagen
Anggota DPR Tepergok Wisata di Copenhagen
Jakarta - Anggota Baleg DPR yang tepergok berwisata selama kunjungan kerja ke Denmark sudah kembali bekerja. Mereka menyatakan kesiapan diklarifikasi Badan Kehormatan (BK) DPR soal foto-foto wisata mereka di Copenhagen, Denmark.

"Kami siap saja memberikan penjelasan. Kalau diminta kami akan datang. Kami tidak jalan-jalan apalagi berbelanja," kata anggota Baleg dari Hanura yang ikut dalam tur singkat tersebut, Djamal Aziz, kepada detikcom, Selasa (11/9/2012).

Djamal lantas menyampaikan tujuan anggota Baleg DPR menyusuri sungai Copenhagen dengan perahu wisata. Menurutnya, anggota Baleg sedang mewakili rakyat dalam mencari kreasi wisata untuk diterapkan di Tanah Air.

"Itu kita nggak berwisata. Kita nunggu jeda waktu saja bukan main-main dan wisata. Kita kan mau ketemu Pak Duta Besar tapi belum pulang, maka dengan itu kita anggota Dewan kan representasi rakyat, ya kita lihat ternyata Denmark lebih enak dilalui dengan perahu itu (perahu wisata)," kata Djamal.

Para anggota Baleg DPR yang sedang melawat ke Denmark untuk kunjungan kerja menyangkut RUU Palang Merah Indonesia (PMI) tepergok sedang bersantai menyusuri sungai di Copenhagen, Denmark, dengan perahu wisata.

Dari foto yang dikirim pembaca detikcom, anggota Dewan tepergok berada di kawasan Nyhavn, Copenhagen pada pukul 14.30 waktu setempat, Kamis (6/9/2012). Dari foto tersebut terlihat para anggota Dewan berada di atas kapal wisata mengarungi sungai indah tersebut.

Kunjungan Baleg DPR ke Denmark dan Turki cukup kontroversial. Karena kunjungan ke dua negara Eropa yang diperkirakan menghabiskan anggaran Rp 1,3 miliar ini hanya diperuntukkan mencari logo terbaik bagi Palang Merah Indonesia (PMI).

BK DPR memang berencana memeriksa mereka demi martabat DPR. "BK akan rapat setelah rapat paripurna. Saya akan menyampaikan mengenai masalah kunjungan kerja ke Denmark terkait foto-foto yang beredar. Menurut pandangan saya ini perlu diklarifikasi," kata Ketua BK DPR, M Prakosa, saat dikonfirmasi detikcom secara terpisah.

(van/vta)