10 Politikus yang Berani Unjuk Gigi di Twitter

- detikNews
Selasa, 28 Agu 2012 11:15 WIB
10 Politikus yang Berani Unjuk Gigi di Twitter
Jakarta - Mungkin ide awal lahirnya media sosial adalah just for fun and don't take it seriously. Tapi belakangan, media sosial malah menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan. Bukan hanya sisi bisnis, tetapi juga urusan politik. Jadi tidak hanya faktor just for fun semata.

Twitter dan Facebook misalnya, dalam 'Arab Springs' kedua media sosial ini banyak digunakan untuk menyebarkan ide dan gagasan. Tapi jauh sebelum itu, Presiden AS Barack Obama bahkan sukses berkampanye meraih kursi presiden lewat media sosial.

Berkaca pada kasus di luar negeri, media sosial pun kini banyak digunakan politikus di Indonesia. Twitter misalnya, sejumlah politikus tercatat aktif memanfaatkan situs mikroblogging ini untuk berkicau atau ngetweet menyampaikan ide, gagasan, atau sekedar menyapa publik.

Patut dicatat juga, untuk aktif di media sosial, bagi seorang politisi butuh mental baja. Bukan apa-apa, dengan ciri khas keterbukaan di jagat maya yang tanpa batas, Anda, apalagi seorang pejabat akan sangat mudah dikritik, dicaci, atau di-bully oleh sesama pengguna Twitter yang rata-rata memiliki 'kenakalan' dan keisengan.

Detikcom mencatat sekurangnya ada 10 politikus tahan banting dan tetap bertahan di Twitter walau kerap 'dijahili'. Padahal, kalau ranah pidana diambil, mungkin setiap hari sang pejabat rajin mondar mandir ke kantor polisi melaporkan pencemaran nama baik. Tapi ya itu tadi, media sosial memang harus digunakan dengan bijak. Jangan sembarang main lapor ke pidana tapi jangan juga sembarang main caci maki.

Berikut 10 politikus yang berani unjuk gigi di Twitter: