Polisi Didesak Segera Bongkar Komplotan Perampok Spesialis Minimarket

- detikNews
Jumat, 06 Jul 2012 06:12 WIB
Jakarta - Minimarket selalu menjadi sasaran empuk bagi para perampok karena kurangnya pengamanan. Polisi harus segera mengantisipasi setiap potensi perampokan yang akan terjadi disetiap minimarket.

"Maraknya berbagai aksi kriminalitas perampokan minimarket di berbagai daerah akhir-akhir ini harus diantisipasi dengan trengginas (cepat dan tepat) oleh jajaran Kepolisisan Republik Indonesia," ujar anggota Komisi III DPR Achmad Basarah kepada detikcom, Kamis (5/7/2012).

Basarah mengatakan penanganan yang lamban dalam setiap kasus membuat para perampok semakin berani."Patut dicurigai berbagai kejahatan seperti itu tidak saja bermotif ekonomi tapi sudah bernuansa politis," kata politisi PDIP ini.

Oleh karena itu, lanjut Basarah, Polri harus mampu membongkar jaringan perampok bersenjata ini secara tuntas. Polisi juga harus menemukan solusinya yang efektif.

"Kelambanan Polri dalam mengatasi berbagai aksi kriminalitas bersenjata akan membuat mereka semakin berani dan beringas," tutupnya.

Aparat Polres Jakarta Selatan berhasil menangkap komplotan perampok yang beraksi di Alfamart di Jl Bangka, Mampang, Jaksel. Dari 8 pelaku yang terindikasi melakukan perampokan, 2 berhasil ditangkap. Para tersangka juga pernah melakukan aksi serupa di sejumlah minimarket lain seperti di Alfamart Ciputat, Alfamart Jagakarsa, Alfamart Depok, Alfamart Jatiwaringin dan lain-lain.

(mpr/mpr)