Jembatan Selat Sunda Mulai Digarap 2014

- detikNews
Kamis, 14 Jun 2012 16:34 WIB
Denpasar - Jembatan Selat Sunda yang menghubungkan antara Pulau Jawa dan Sumatera bakal segera digarap. Rencananya, pembangunan dimulai tahun 2014 dan diperkirakan rampung dalam waktu 10 tahun.

"Kita harapkan pengerjaan fisik jembatan Selat Sunda ini sudah dimulai tahun 2014," kata Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Dr Ahmad Hermanto Dardak, dalam seminar internasional tentang pembangunan infrastruktur dan kawasan di Selat Sunda, di hotel Werdha Pura, Sanur, Kamis(14/6/2012).

Pihaknya tengah mempersiapkan teknis pembangunannya, pendanaan, dan studi pengembangan kawasan.

Jembatan Selat Sunda sepanjang 30 kilometer akan menghubungkan Provinsi Banten dan Provinsi Lampung. Tinggi jembatan sekitar 80 meter dari atas permukaan laut. Pembangunannya diperkirakan menelan biaya sekitar Rp 100 triliun

Sebelum mengerjakan pembangunan jembatan ini, Kementerian PU telah mengundang ahli-ahli pembuat jembatan dari Jepang dan Korea yang telah sukses membangun jembatan panjang.

Beberapa investor pun telah tertarik membangun jembatan ini, seperti Cina, Korea, dan Jepang. Tender akan dilakukan pada awal 2014.

(gds/try)