Pimpinan Organisasi di Papua Ditangkap Usai Audiensi di DPRD

- detikNews
Kamis, 07 Jun 2012 15:19 WIB
Jayapura - Polisi menangkap pimpinan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dengan alasan aksi-aksi organisasi tersebut cenderung anarki, bahkan kerap berujung ke tindakan kriminal.

Adalah Buchtar Tabuni, salah satu koordinator KNPB yang ditangkap aparat terkait sejumlah aksi kekerasan yang dilakukan anggota KNPB. Penangkapan dilakukan di kawasan Abepura setelah perwakilan KNPB bertemu komisi A DPR Papua.

Wakapolda Papua Brigjen Paulus Waterpauw membenarkan penangkapan tersebut saat diwawancarai wartawan di Jayapura, Kamis (7/6/2012).

"Jadi ada tiga pimpinan KNPB yang kami lakukan penangkapan dan salah satunya Buchtar Tabuni. Mereka ditangkap karena serangkaian aksi kekerasan, diantaranya aksi penikaman yang mengakibatkan dua warga meninggal dunia," jelasnya.

Masih menurut Wakapolda, penangkapan ini juga dilatarbelakangi posisi Buchtar Tabuni yang merupakan penanggung jawab dari organisasi KNPB itu sendiri. Dengan kata lain, sosok tersebut merupakan pihak yang mengimbau, menggerakkan, mengajak serta mengatur setiap aksi-aksi demo di Kota Jayapura.

"Makanya kita minta pertanggungjawaban yang bersangkutan," tegasnya lagi.

(try/try)