Bhatoegana: Soal PKS Sudah Dilaporkan ke SBY, Segera Ada Evaluasi

- detikNews
Senin, 02 Apr 2012 08:45 WIB
Jakarta - Elite Partai Demokrat telah melaporkan sikap beda PKS soal kenaikan harga BBM ke Ketua Dewan Pembina PD, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dalam waktu dekat, SBY akan melakukan evaluasi Setgab.

Wakil Ketua FPD DPR Sutan Bhatoegana menuturkan, evaluasi utamanya menyangkut keberadaan PKS di Setgab. Mengingat PKS selama ini kerap berbeda pandangan dengan sikap pemerintah.

"Semua tentang PKS sudah dilaporkan ke SBY, tinggal kita tunggu tindakan berikutnya untuk evaluasi Setgab," kata Sutan kepada detikcom, Senin (2/4/2012).

Lalu kapan SBY akan memberikan sanksi kepada PKS. Apakah juga menyangkut 3 kursi menteri PKS di kabinet?

"Kita menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden SBY kepada ketua setgab. Soal itu, tunggu tanggal mainnya," katanya.

PKS memang kerap berbeda dengan partai koalisi lain menyangkut kebijakan pemerintah. Sikap PKS yang terakhir yakni menolak kenaikan harga BBM bersama PDIP, Gerindra, dan Hanura, membuat berang parpol anggota koalisi.

Minggu (1/4) kemarin SBY sengaja datang ke kantor DPP PD untuk mendengarkan masukan dari DPP PD. Namun menurut Ketua Umum PD Anas Urbaningrum, SBY belum memutuskan sanksi apa yang akan diberikan kepada PKS.

Menurut Jubir PD Andi Nurpati, SBY terlebih dahulu akan mengajak partai koalisi bertemu. Sebelum akhirnya mengambil sikap evaluasi keberadaan PKS di koalisi.

(van/ndr)