Tokoh-tokoh Muda NU Gabung Organisasi Sayap PDIP

- detikNews
Jumat, 14 Okt 2011 20:35 WIB
Jakarta - Sejumlah tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) bergabung ke Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi), organisasi keagamaan sayap PDI Perjuangan. Mereka antara lain, Idham Cholied, Hamid Basyaib dan Zuhairi Misrawi.

Hal itu tampak dalam pelantikan Bamusi di gedung DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (14/10/2011). Ketiganya datang dan dilantik dengan mengenakan seragam Bamusi.

Idham, yang sebelumnya menjabat sekjen Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) ini mengatakan, alasannya bergabung ke PDI Perjuangan karena secara kultural basis pemilih partai itu dan NU sama.

"Sama-sama warga yang belum bisa menikmati hasil pembangunan, menikmati keadilan," kata Idham yang juga pernah menjadi anggota DPR periode 2004-2009 lewat PKB ini.

Idham mengatakan teman-temannya di NU juga mendukung dirinya masuk PDI Perjuangan. Dia juga mengungkapkan alasan tidak memilih partai yang jelas-jelas berbasis massa NU, seperti PKB dan PPP.

"Kalau semua berkumpul di sana akan menjadi homogen. Jadi berkiprah dimana pun prinsipnya asal membawa manfaat untuk masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Hamid Basyaib dikenal sebagai pemimpin perusahaan konsultan politik, mantan wartawan dan pemikir Islam Liberal. Zuhairi dikenal sebagai direktur Moderate Muslim Society.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengatakan, Bamusi didirikan untuk menjalin komunikasi dan bersinergi dengan masyarakat dari kalangan muslim. "Jadi bukan kepada NU-nya saja, Muhammadiyah juga," kata Megawati.

(lrn/anw)