DetikNews
Selasa 15 Januari 2008, 11:02 WIB

17 Jenderal Digeser, Kapolda Banten Dijabat Wanita

- detikNews
Jakarta - Mutasi terjadi di tubuh Polri. Kali ini terjadi di level perwira tinggi. Tercatat 4 jenderal bintang dua dan 13 jenderal bintang satu digeser. Termasuk salah satu di antaranya posisi Kapolda Banten yang kini diduduki seorang wanita.

"Ini untuk memudahkan kerjasama dengan gubernurnya (Ratu Atut Chosiyah) yang wanita," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Sisno Adiwinoto saat dihubungi detikcom di Jakarta, Selasa (15\/1\/2007).

Kini Kapolda Banten dijabat Kombes Pol Rumiah, sebelumnya posisi ini diduduki Brigjen Pol Timur Pradopo yang digeser menjadi kepala Selapa Polri. "Kombes Rumiah otomatis mendapat promosi menjadi perwira tinggi dan naik menjadi Brigjen," tambahnya.

Selain itu posisi penting lainnya yang digeser yakni Kapolda Jabar Irjen Pol Sunarko Danu Ardanto yang digantikan Brigjen Pol Susno Djuaji. Sunarko kini diplot sebagai Deputi Pengkajian dan Strategi Lemhannas, sedang Susno sebelumnya menjabat Wakil Kepala PPATK. Susno pun mendapat promosi bintang dua.

Pergantian ini disebut-sebut terkait Pilkada Jabar yang akan digelar pertengahan 2008 mendatang.

Kepala polisi lainnya yang digeser yakni Kapolda Jambi Brigjen Pol Carel Risakotta yang kini menduduki jabatan Kepala Biro Bimbingan Masyarakat (Bimas), dan digantikan Brigjen Pol Budi Gunawan yang sebelumnya adalah Kepala Sekolah Lanjut Perwira (Selapa).

Jabatan lainnya yang digeser yakni Deputi Logistik Kapolri, Irjen Pol Heru Susanto digantikan oleh Irjen Pol Djoko Sardono. Heru selanjutnya akan memasuki masa persiapan pensiun, sedangkan Djoko sebelumnya adalah dosen Sekolah Staf dan Pimpinan (Sespim) Polri.

Mutasi ini tertuang dalam Telegram Rahasia (TR) No ST\/24\/I\/2008 tertanggal 14 Januari 2008. "Ini bagian dari penyegaran," tandas Sisno.


(ndr/umi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed