DetikNews
Jumat 22 Juli 2016, 11:41 WIB

Surabaya Raih Adipura Paripurna, Bandung Raih Adipura Kirana

Wisnu Prasetiyo - detikNews
Surabaya Raih Adipura Paripurna, Bandung Raih Adipura Kirana Perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016/ Foto: Wisnu Prasetiyo/detikcom
Jakarta - Hari ini wakil presiden Jusuf Kalla menyerahkan 73 penghargaan terkait hari lingkungan hidup se-dunia. Tahun ini Kota Surabaya kembali meraih piala Adipura, sedangkan Bandung mendapatkan piala Adipura Kencana untuk kota yang dipimpinnya.

Acara pemberian penghargaan diberikan langsung oleh JK siang ini, Jum'at (22/7/2016) bertempat di Istana Sri Indrapura, Kabupaten Siak. JK menyerahkan penghargaan ditemani dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Adipura Paripurna adalah penghargaan tertinggi terhadap kota/ibu kota yang mampu memberikan kinerja terbaik untuk kedua kategori Adipura yaitu Adipura Kirana dan Adipura Buana. Anugerah ini juga diberikan kepada kita yang mampu melakukan pembangunan berwawasan lingkungan yang berkelanjutan.

Penghargaan piala Adipura Paripurna untuk Surabaya diserahkan langsung kepada Walikota Tri Rismaharini yang hadir langsung ke lokasi.

Selain Surabaya, Balikpapan dan Tulungagung juga berhasil meraih penghargaan Adipura Paripurna 2016.

Bandung juga menorehkan prestasinya tahun ini. Mereka berhasil menggondol penghargaan Adipura Kirana. Untik diketahui Adipura Kirana adalah bentuk penghargaan kepada kota-kota yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui perdagangan, pariwisata dan investasi berbasis lingkungan hidup.

Wali Kota Bandung sendiri, Ridwan Kamil yang menerima penghargaan tersebut. Kehadiran Kang Emil yang mengenakan kemeja batik berwarna merah muda saat menerima penghargaan disambut meriah oleh para hadirin.

Selain Bandung, beberapa wilayah lainnya yang mendapatkan Adipura Kirana antara lain, Makassar, Malang, Jakarta Pusat, Sidoarjo, Denpasar, Banjarmasin, Cimahi, Jambi, Surakarta, Madiun, Jombang, Pasuruan, Purwokerto, Sukabumi, Magelang, Payakumbuh, Probolinggo, Ambon, Kendari, Semarang, Tangerang, Lamongan, Nganjuk, Pare-Pare, Gorontalo, Palembang, Banjarbaru, Salatiga.

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar mengingatkan agar para penerima penghargaan mampu mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya.

"Bagi kota-kota yang sudah mendapatkan ini adalah apresiasi dan harus dijaga dan ditingkatkan terus," kata Siti.
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed