DetikNews
Rabu 20 Juli 2016, 13:08 WIB

Kapal Perang KRI Cakalang 852 Resmi Dimiliki TNI AL

Kartika Sari Tarigan - detikNews
Kapal Perang KRI Cakalang 852 Resmi Dimiliki TNI AL Foto: KRI Cakalang/ Kartika detikcom
Jakarta - Kapal perang Patroli Cepat (PC-43 M) KRI Cakalang 852 secara resmi dikukuhkan sebagai Alutsista TNI AL. Upacara peresmian dilakukan di Pelabuhan Sunda Kelapa. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Ade Supandi bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Kapal yang memiliki persenjataan meriam dan mitraliur kaliber 30 mm dan kaliber 12,7 mm ini akan berada di bawah jajaran Satuan Kapal Patroli Koarmabar dengan homebase di Belawan, Sumatera Utara.

KRI Cakalang/ Kartika detikcom


KRI Cakalang 852 sebelumnya telah diluncurkan di perairan Banten tepatnya di sekitar Salira. Peresmian ini juga sekaligus dengan acara pengukuhan Komandan kapal Mayor Laut Akhmad Effendy Kurniansyah.

"Pada hari ini Rabu 20 Juli 2016 pukul 11.55 WIB saya resmikan KRI Cakalang sebagai kapal perang Republik Indonesia dan masuk dalam jajaran kapal patroli armada RI kawasan barat," kata Ade dalam sambutannya di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jl Maritim, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (20/7/2016).

Upacara diawali dengan pasukan barisan yang membuka formasi dan memulai upacara. Setelah Inspektur Upacara memasuki lapangan upacara, dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih yang diiringi lantunan lagu Indonesia Raya dan hormat senjata dari seluruh pasukan upacara.

"Dibandingkan dengan luas wilayah yang harus diamankan TNI masih memiliki armada yang terbatas jumlahnya, dengan kehadiran KRI Cakalang 852 diharapkan dapat meningkatkan kontribusi. Saya intruksikan untuk selalu merawat dan menggunakan dengan sebaik-baiknya dalam melaksanakan tugas," amanat Ade.

Peresmian KRI Cakalang 852 ditandai dengan pemecahan kendi oleh Inspektur Upacara. Dilanjutkan dengan sambutan dari Dirut PT Caputra Mitra Sejati (CMS) Kris Pramono.

Sebelumnya, KRI Cakalang 852 dilepas ke laut dari galangan kapal PT Caputra Mitra Sejati (CMS) Banten pada Kamis (10/3). Simbolisasi pelepasan dipimpin Asisten Logistik (Aslog) Kasal Laksma TNI Mulyadi yang ditandai dengan pemecahan kendi dan pemotongan tali tross kapal.

KRI Cakalang 852 memiliki panjang 44,40 meter, lebar 7,4 meter dan tinggi tengah kapal 3,4 meter. Kapal ini memiliki mesin utama 3x1.800 Hp dengan putaran mesin 2.300 rpm.

Kecepatan maksimum mencapai 24 knot, kecepatan jelajah 17 knot dan daya jangkau 1.632 Nm. Kapal dengan bobot 230 ton ini mampu memuat tanki bahan bakar hingga 56.000 liter.

Bagaimana dengan harga?

"Ini kan Rp 74,5 miliar. Murah kalau dibeli di sini, di luar negeri mahal. Kalau kita produk dalam negeri itu bisa harganya lebih murah," tutupnya.
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed