DetikNews
Senin 04 Juli 2016, 16:59 WIB

Mengular, Begini Penampakan Macet Horor Brexit dari Udara

Tri Aljumanto - detikNews
Mengular, Begini Penampakan Macet Horor Brexit dari Udara Gerbang Tol Brebes Timur (Brexit) dilihat dari udara (Foto: Tri Aljumanto/detikcom)
Jakarta - Pemudik yang melintasi sisi utara Jawa Tengah lewat tol akan dihadapkan kemacetan horor di Gerbang Tol Brebes Timur alias Brexit. Selepas Brexit, pemudik juga masih harus berhadapan dengan macet di jalur arteri.

detikcom memotret kemacetan di Brexit menggunakan drone pada Senin (4/7/2016) siang. Mobil-mobil sudah 'parkir' sejak berkilometer-kilometer.

Gerbang Tol Brebes Timur (Brexit) dilihat dari udara (Foto: Tri Aljumanto/detikcom)

Dari 2 lajur, jalan diperlebar saat hendak masuk ke gerbang. Ada pula gerbang tol tambahan yang disediakan. Setelah membayar tol, jalur pun kembali menyempit.

Usaha itu belum bisa memecah kemacetan yang hingga 33 km membentang ke belakang pada siang tadi. Pemudik harus rela mengantre hingga lebih dari 20 jam untuk bisa melalui Brexit.

Gerbang Tol Brebes Timur (Brexit) dilihat dari udara (Foto: Tri Aljumanto/detikcom)


Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa kemacetan di Brexit sudah diprediksi dan merupakan risiko terlambatnya pembangunan. Jokowi menyebut nantinya bila semua jalan tol tersambung, maka kemacetan seperti ini bisa diurai.

"Keterlambatan membangun berhenti sampai 8 tahun berhenti, ada yang sampai 20 tahun, saya kira hal-hal seperti itu harus diselesaikan," kata Jokowi usai bagi-bagi sembako di Desa Sangiang Tanjung, Lebak, Banten, Senin (4/7/2016).

Jokowi menjanjikan dalam dua tahun ke depan pembangunan jalan tol yang terhubung sepanjang pantai utara Pulau Jawa rampung. Sehingga kemacetan seperti yang terjadi saat ini sudah tak ada lagi.

"Nanti kalau itu sambung dari Batang ke Semarang, Semarang ke Solo, Solo ke Ngawi, Ngawi ke Kertosono, semua sambung yah akan lancar ya. Tapi memang problem seperti yang sudah sering saya sampaikan (adalah) pembebasan lahan," kata Jokowi.


(imk/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed