DetikNews
Selasa 03 Mei 2016, 20:33 WIB

Acara Pemutaran Film 'Pulau Buru Tanah Air Beta' di AJI Yogya Dibubarkan Polisi

Sukma Indah Permana - detikNews
Acara Pemutaran Film Pulau Buru Tanah Air Beta di AJI Yogya Dibubarkan Polisi Kabag Ops Polresta Yogyakarta Kompol Sigit (Sukma/detikcom)
Yogyakarta - Acara pemutaran film dokumenter 'Pulau Buru Tanah Tanah Air Beta' di kantor Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Yogyakarta di Umbul Harjo disetop polisi. Alasannya, pemutaran film mengenai kehidupan tahanan politik ini tak memiliki izin. AJI sendiri menggelar acara ini sebagai bagian perayaan hari kebebasan pers internasional.

Sekitar pukul 19.00 WIB, Selasa (3/5/2016), pihak kepolisian dari Polresta Yogyakarta datang. Di bawah pimpinan Kabag Ops Polresta Yogyakarta Kompol Sigit, polisi menanyakan izin.

Pihak panitia dari AJI kemudian memberikan penjelasan. Acara tidak melibatkan massa besar, kemudian undangan juga sudah disampaikan ke Kapolda DIY dan Wakapolda, serta Kapolresta.

Tapi Kompol Sigit tetap bersikeras menanyakan izin. Sigit kemudian meminta acara disetop. "Ini nggak ada izin, nggak ada pemberitahuan," jelas Sigit.

Tak lama kemudian, datang Ormas berpakaian loreng-loreng ke lokasi berteriak-teriak meminta acara dibubarkan. Belasan polisi kemudian berjaga mencegah Ormas masuk ke lokasi acara. Kompol Sigit kembali menegaskan agar acara dihentikan, alasan lainnya menghindari konflik.

Pihak AJI memberi penjelasan kembali acara ini bagian dari peringatan kebebasan pers internasional. Lagu Indonesia Raya juga dinyanyikan puluhan peserta di lokasi. Polisi bergeming. Acara itu disetop dan tetap dibubarkan.

Kondisi di lokasi sempat tegang. Puluhan polisi hingga pukul 20.30 WIB masih berjaga. Acara sudah berhenti.
(sip/dra)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed