DetikNews
Selasa 26 April 2016, 03:10 WIB

Jabat Kapolda Sulsel, Anton Charliyan Seperti Pulang Kampung

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Jabat Kapolda Sulsel, Anton Charliyan Seperti Pulang Kampung Foto: Hasan Al Habshy
Makassar - Mantan Kadiv Humas Polri Irjen Pol Anton Charliyan kini menjabat Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel), usai menggantikan Irjen Pudji Hartanto yang baru saja dilantik sebagai Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI.

Bagi Anton, mengemban tugas di wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat seperti pulang kampung. Anton pernah menjabat Kapolres Wajo di Sulsel pada tahun 2003 silam.

"Saya seperti anak lama yang datang kembali, saya ingin menjaga daerah ini dengan prinsip Sipakatau, Sipakainge dan Sipakalebbi (saling memanusiakan, saling mengingatkan dan saling menghargai)," ujar Anton saat menyampaikan pidatonya dalam Malam Penyambutan di hotel Grand Clarion, Makassar, Senin malam (25/4/2016).

Saat menjabat Kadiv Humas lalu, Anton menganggap hal tersebut kecelakaan. Karena menurutnya, tampang seramnya sangat tidak mendukung untuk jabatan Humas pada umumnya.

"Jadi Humas itu kecelakaan. Tampang saya kan Waserdam. Wajah seram tapi mendamaikan," canda mantan reserse yang pernah menangani kasus pembunuhan Marsinah dan pembunuhan Munir ini.

Dalam malam penyambutan dan ramah tamah ini dihadiri sejumlah tokoh seperti Anggota DPR RI Akbar Faizal, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh dan Wakil Bupati Soppeng Supriansa Mannahawu.

Sebelum penyambutan secara resmi, Anton Charliyan lebih dulu 'disambut' dengan peristiwa kebakaran yang terjadi di gedung Ditreskrim Polda Sulsel yang bersebelahan dengan gedung kantornya. Usai mengunjungi lokasi kebakaran, Anton memerintahkan anggotanya dan Tim Labfor Polri untuk menyelidiki penyebab kebakaran tersebut.
(mna/Hbb)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed