DetikNews
Sabtu 09 April 2016, 13:45 WIB

Mencari Cagub DKI Terbaik

Hebat! Bojonegoro Sejajar dengan Kota-kota Besar Dunia Soal Transparansi

Ahmad Toriq - detikNews
Hebat! Bojonegoro Sejajar dengan Kota-kota Besar Dunia Soal Transparansi Bupati Bojonegoro Suyoto (Ilustrasi oleh Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Jakarta - Kabupaten Bojonegoro mengukir prestasi di kancah internasional. Bojonegoro yang dipimpin Bupati Suyoto terpilih sebagai satu-satunya wakil Indonesia dalam Pilot Project Open Goverment.

Open Goverment Pilot Project adalah program dari Gerakan Open Goverment yang bertujuan untuk mempromosikan dan memperkuat pengelolaan birokrasi tingkat kota/kabupaten yang terbuka, partisipatif, inovatif, dan responsif.

Jadi, kota/kabupaten yang terpilih dalam program ini adalah kota/kabupaten yang sudah menjalankan pemerintahan yang terbuka, partisipatif, inovatif, dan responsif. Selain Bojonegoro, kota-kota dunia lain yang terpilih di antaranya Seoul, Paris, Madrid, Buenos Aires, Sao Paulo, dan sejumlah kota lain. Jumlah total kota/kabupaten yang terpilih adalah 15 kota/kabupaten.

Steering Commitee Open Goverment Pilot Project asal Indonesia, Sugeng Bahagijo, membenarkan soal terpilihnya Bojonegoro. Sugeng mengungkap keputusan soal terpilihnya Bojonegoro diambil sekitar sepekan lalu.

Bojonegoro di bawah kepemimpinan Suyoto dianggap sudah menjalankan prinsip-prinsip open goverment --yaitu keterbukaan, partisipatif, responsif, dan inovatif-- dengan baik.

"Pak Yoto itu udah bikin keterbukaan dan partisipasi yang baik di Bojonegoro. Kriteria untuk terpilih di program ini tiga, yaitu keterbukaan, partisipasi, dan responsif. Dari ketiga-tiganya Bojonegoro sudah masuk," papar Sugeng saat dihubungi, Sabtu (9/4/2016).

Selanjutnya, Bojonegoro dan 14 kota lainnya akan didampingi oleh Open Goverment untuk memperkuat sisi-sisi good governance. 15 Kota Pilot Project ini akan diminta melapor setiap tahun dan membuat gerakan yang inovatif.

Sugeng menuturkan, gerakan inovatif open goverment yang jadi perhatian, salah satunya dilakukan oleh pemerintah kota Paris. Pemkot Paris mengalokasikan sejumlah dana, lalu meminta warganya memberi masukan program untuk menggunakan dana tersebut.

"Jadi mereka (15 kota) harus melapor setiap tahun, dan membuat inovasi. Jadi itu bukan stempel saja. 15 Kota ini juga bisa belajar satu sama lain," ujar Sugeng.

Terpilihnya Bojonegoro tentu menjadi kabar baik bagi Indonesia. Bojonegoro diharapkan bisa menginspirasi daerah lainnya. Selamat, Kang Yoto!

Menjelang Pilgub DKI tahun 2017, banyak pihak mendorong kepala daerah yang berhasil membangun daerah untuk maju. Bahkan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berharap kepala daerah yang sukses ikut meramaikan Pilgub DKI supaya warga Ibu Kota punya banyak pilihan calon kepala daerah.

Ada beberapa kepala daerah yang dinilai berhasil memimpin daerahnya antara lain Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo,  Bupati Bojonegoro Suyoto, Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Wali Kota Pangkal Pinang Irwansyah, dan Wali Kota Malang Moh Anton. Siapakah di antara mereka akan jadi cagub DKI terbaik?
(tor/ndr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed